KECAKAPAN PASSING BOLA VOLI PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI MINI SD NEGERI 2 KEDUNGWULUH KAB UPATEN BANYUMAS JAWA TENGAH

Satria Joko Heryanto (2015) KECAKAPAN PASSING BOLA VOLI PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI MINI SD NEGERI 2 KEDUNGWULUH KAB UPATEN BANYUMAS JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah saat bermain bolavoli mini di lapangan masih jarang siswa yang dapat melakukan passing bawah dan passing atas dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan passing peserta ekstrakurikuler bolavoli mini SD Negeri 2 Kedungwuluh Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang di gunakan adalah survei dengan teknik test dan pengukuran. Subjek penelitian adalah seluruh peserta ekstrakurikuler bolavoli mini di SD Negeri 2 Kedungwuluh Kabupaten Banyumas, yang berjumlah 28 anak. Instrumen penelitian adalah modifikasi braddy volley ball test. Uji coba penelitian diperoleh derajat validitas instrumen sebesar “0,470” berkategori “sedang”. Pembuktian reliabilitas instrumen diperoleh hasil r i hitung (0,470) > dari r (0,468) dengan n = 18 untuk taraf kesalahan 5%, sehingga instrumen tes adalah reliabel dan dapat dipergunakan untuk pengambilan data. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan pengukuran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. tabel Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan passing peserta ekstrakurikuler bolavoli mini di SD Negeri 2 Kedungwuluh Kabupaten Banyumas, untuk kategori “baik sekali” sebanyak 2 siswa atau sebesar 7,14%; kategori “baik” sebanyak 6 siswa atau sebesar 21,43%; kategori “sedang” sebanyak 11 siswa atau sebesar 39,28%; kategori “kurang” sebanyak 6 siswa atau sebesar 21,43%; dan ketegori “kurang sekali” sebanyak 3 siswa atau sebesar 10,72%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Passing, Bolavoli Mini, Siswa SD
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Jul 2015 00:56
Last Modified: 30 Jan 2019 01:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23229

Actions (login required)

View Item View Item