PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOFTWARE SIMULASI PROTEUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT ELEKTRONIKA

Yana Andri, Ariyanto (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOFTWARE SIMULASI PROTEUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT ELEKTRONIKA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE EFFECT OF USING MEDIA PROTEUS SIMULATION SOFTWARE TOWARDS STUDENTS ACHIEVEMENT LEARNING ON ELECTRONIC SUBJECT.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yana Andri Ariyanto - 07518241005.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas X1 Kelas A dan Kelas B jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK 1 Sedayu pada mata diklat Elektronika dengan menerapkan media software simulasi proteus sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian control group posttest only design. Sampel yang digunakan adalah kelas X1 TITL B sebagai kelompok dengan menggunakan media software simulasi proteus dan kelas XI TITL A dengan menggunakan media pembelajaran konvensional. Variabel penelitian ini adalah metode pembelajaran menggunakan media simulasi proteus (kelas eksperimen) dan penggunaan media pembelajaran konvensional (kelas kontrol) sebagai variabel bebas serta prestasi belajar sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Analisis data menggunakan analisis uji beda t-test yang dikerjakan dengan bantuan software aplikasi SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pengujian perbedaan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol melalui uji beda t-test adalah nilai t hitung > t tabel (3,653 > 2,001) dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, artinya terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, 2) hasil belajar siswa dengan menggunakan media software simulasi proteus lebih tinggi dari pada hasil pembelajaran siswa dengan menggunakan media konvensional. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 75, sedangkan kelompok kontrol 66,33. Perbedaan rata-rata hasil belajar kedua kelompok tersebut mencapai 8,76 atau sebesar 13,12%. Berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM), persentase kelulusan siswa kelompok eksperimen mencapai 80% sedangkan untuk kelompok kontrol mencapai 50%. Perbedaan tingkat kelulusan kedua kelas tersebut mencapai 30%, hal ini menunjukkan pembelajaran elektronika dengan menggunakan software simulasi proteus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2012 01:19
Last Modified: 29 Jan 2019 14:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2312

Actions (login required)

View Item View Item