PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF (SCIENCE PROCESS SKILLS, Cmap Tools, DAN CUE FRAMEWORK) GUNA MEMBEKALI KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI MAHASISWA PGSD

Pratiwi, Pujiastuti and Ikhlasul, Ardi N and Vinta Angela T, M.Ed (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF (SCIENCE PROCESS SKILLS, Cmap Tools, DAN CUE FRAMEWORK) GUNA MEMBEKALI KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI MAHASISWA PGSD. Artikel Penelitian Fundamental.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL PENELITIAN FUNDAMENTAL.docx

Download (49kB)

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dipastikan mengalami penyempurnaan melalui diimplementasikannya Kurikulum 2013. Pada jenjang pendidikan dasar, Kurikulum 2013 mengalami perubahan yang signifikan terutama pada struktur kurikulumnya yakni penekanannya pada pembelajaran tematik. Pembelajaran dilaksanakan seluruhnya menggunakan pendekatan yang sama, yakni pendekatan scientific. Khusus untuk mata pelajaran IPA dan IPS akan diajarkan terintegrasi pada mata pelajaran pokok. Perubahan ini tentunya memberikan pengaruh pada penyiapan tenaga kependidikan di PGSD. Kurikulum pembekalan kompetensi bagi calon guru otomatis mengalami penyesuaian. Penyesuaian tersebut adalah pada porsi pembekalan kemampuan merencanakan dan melakukan pembelajaran tematik. Pembekalan ini menjadi semakin penting berdasarkan data studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa kemampuan melakukan pembelajaran tematik juga merupakan permasalahan yang ada pada guru sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran guna membekali mahasiswa calon guru kemampuan merencanakan pembelajaran tematik. Model pembelajaran yang dikembangkan menggunakan integrasi science process skills, peta konsep menggunakan teknologi Cmap Tools, dan CUE Framework. Desain penelitian dirancang menggunakan Research & Development (R & D) mengadaptasi dari Plomp (2001) yang terdiri dari lima tahap, yakni (1) investigasi awal, (2) perancangan atau desain (3) realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Uji coba produk dilakukan dalam tiga tahap dengan pengambilan subjek mengacu pada siklus R & D Borg & Gall (1983), yakni uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Uji coba dilakukan pada mahasiswa PGSD di dalam dan di luar UNY. Validitas, keefektifan, dan kepraktisan ditentukan dengan Teknik expert judgement, focus group discussion bersama guru sekolah dasar kelas 1, 2, dan 3, dan angket penilaian dengan konversi yang mengacu pada Eko Putro Widoyoko (2011). Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, angket, dan lembar tes. Data yang diperoleh melalui instrumen penilaian pada saat uji coba dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif kemudian dikonversi ke data kualitatif dengan skala 5 untuk mengetahui kualitas produk. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran yang mencakup RPP, bahan ajar, dan Lembar Kerja Mahasiswa. Hasil uji coba perseorangan yang melibatkan 3 orang mahasiswa menunjukkan bahwa perangkat perkuliahan yang dikembangkan berhasil membekali mahasiswa pengetahuan dan keterampilan untuk menyusun RPP tematik sekaligus menyajikan peta konsep standar isi, keterampilan proses, dan konten materi. Kualitas hasil produk yang dihasilkan mahasiswa berada pada tingkat baik dan sangat baik.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN PENELITIAN FUNDAMENTAL 2013
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model pembelajaran integratif, merencanakan pembelajaran tematik
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 09 Jul 2015 04:30
Last Modified: 09 Jul 2015 04:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23114

Actions (login required)

View Item View Item