PENGEMBANGAN MEDIA PERKULIAHAN BERBASIS WEB UNTUK MENENTUKAN POLA HUBUNGAN REGULASI DIRI DAN PROSES KOGNITIF MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN DI JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI

DR. MUKMINAN, - and Muhammad, Nursa’ban (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PERKULIAHAN BERBASIS WEB UNTUK MENENTUKAN POLA HUBUNGAN REGULASI DIRI DAN PROSES KOGNITIF MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN DI JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI. Artikel Penelitian Fundamental.

[img] Text
artikel_PF_Mukminan.docx

Download (418kB)

Abstract

Tujuan penelitian pada tahun pertama yaitu menghasilkan produk media berbasis web dalam pembelajaran Perencanaan Pembelajaran geografi yang layak digunakan dalam perkuliahan. Pada tahun kedua yaitu memperoleh hubungan regulasi diri dan proses kognitif mahasiswa dalam perkuliahan menggunakan media berbasis web di jurusan pendidikan geografi. Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Research and Development) yang berorientasi pada produk. Prosedur pengembangan dilakukan dari tahap penelitian dan pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, tahap validasi dan ujicoba. Validasi media dilakukan secara bertahap yaitu tahap I oleh ahli materi dan ahli media, sehingga menghasilkan revisi pengembangan tahap pertama. Tahap II oleh dosen pengampu mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi sehingga menghasilkan revisi tahap kedua dan tahap III uji coba terhadap 98 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi dan dihasilkan produk akhir berupa website pembelajaran untuk mata kuliah tersebut. Data dikumpulkan menggunakan angket penilaian yang berbeda untuk masing-masing subjek penelitian. Hasil penelitian ini yaitu 1) dihasilkan media perkuliahan berbasis website untuk mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi dengan alamat situs www.geoedu.gnomio.com; 2) media perkuliahan geografi berbasis website mata kuliah Perencanaan Pembelajaran geografi layak digunakan dalam perkuliahan. Terbukti ahli materi menilai baik dengan rerata skor 3,8; ahli media menilai baik dengan rerata skor 4,2; dosen pengampu mata kuliah perencanaan pembelajaran menilai sangat baik dengan rerata skor 4,5; rerata data uji coba oleh mahasiswa menilai baik dengan skor 4,2.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN HASIL PENELITIAN FUNDAMENTAL 2013
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, media, web, regulasi diri, kognitif, geografi
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 09 Jul 2015 04:19
Last Modified: 09 Jul 2015 04:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23102

Actions (login required)

View Item View Item