MODEL PERANGKAT PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS BERDASARKAN PENDEKATAN PROSES BAGI SISWA SMP

Kastam, Syamsi and Esti Swatika, Sari (2013) MODEL PERANGKAT PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS BERDASARKAN PENDEKATAN PROSES BAGI SISWA SMP. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
laporan_akhir.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran membaca dan menulis adalah dengan melakukan inovasi model pembelajaran melalui penerapan pendekatan proses. Oleh karena itu, penelitian ini diarahkan pada pengembangan model perangkat pembelajaran membaca dan menulis berdasarkan pendekatan proses bagi siswa SMP. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model perangkat pembelajaran membaca dan menulis berdasarkan pendekatan proses bagi siswa SMP. Penelitian ini mengikuti desain pengembangan model R2D2 (A Recursive, Reflective Design and Development Model) yang diperkenalkan oleh Willis (1995), yang terdiri dari tiga komponen, yaitu (1) penetapan, (2) desain dan pengembangan, dan (3) penyebarluasan, dengan prosedur (1) pendefinisian, (2) perencanaan dan pengembangan, dan (3) penyeberluasan. Uji coba produk dilakukan melalui (1) uji ahli metodologi pembelajaran Bahasa Indonesia, dan (2) uji praktisi (guru Bahasa Indonesia). Subjek uji coba meliputi kelompok ahli mmetodologi pembelajaran bahasa Indonesia, dan kelompok praktisi yakni gurubahasa Indonesia. Instrumen penelitian yang dipakai untuk mengumpulkan data meliputi angket, wawancara, dan tes, sedangkan analisis data yang digunakan mencakup analisis kualitatif dan analisis statistik deskriptif dan uji-t. Pada tahap pertama (tahun 2012) ini penelitian ini telah berhasil mengembangkan model Perangkat Pembelajaran Membaca dan Menulis Berdasarkan Pendekatan Proses bagi Siswa SMP. Model parangkat pembelajaran tersebut mencakup (1) silabus pembelajaran membaca berdasarkan pendekatan proses, (2) silabus pembelajaran menulis berdasarkan pendekatan proses, (3) RPP membaca berdasarkan pendekatan proses, (4) RPP menulis berdasarkan pendekatan proses, (5) bahan ajar membaca berdasarkan pendekatan proses, dan (6) bahan ajar menulis berdasarkan pendekatan proses. Hasil uji ahli dan uji praktisi (guru) menunjukkan bahwa model perangkatnpembelajaran yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori layak atau baik, dengan skor rerata di atas 3.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Fundamental 2013
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 08 Jul 2015 07:53
Last Modified: 08 Jul 2015 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23010

Actions (login required)

View Item View Item