Dra. Jamilah, M.Pd. and Lusi, Nurhayati, M.Appl.Ling and Ella, Wulandari, M.A. (2013) Pengembangan Bahan Ajar English for Occupational Purposes di Perguruan Tinggi Berbasis Web untuk Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan. [Experiment/Research]
|
Text
Untuk Upload.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk a) mengetahui kebutuhan belajar bahasa Inggris di perguruan tinggi yang berorientasi pada pemenuhan kompetensi berbahasa yang dibutuhkan oleh dunia kerja sesuai dengan kelompok bidang ilmu khususnya English for Business and Economics, yang berorientasi membangun semangat dan jiwa kewirausahaan, b) menentukan key characters yang membangun semangat dan jiwa kewirausahaan yang sesuai dengan kelompok bidang ilmu di atas, serta c) mengembangkan bahan ajar berbasis web di perguruan tinggi yang dapat diimplementasikan lintas fakultas, yang berorientasi pada kebutuhan vokasi/profesi atau English for Occupational Purposes, yang merupakan bagian dari pendekatan English for Specific Purposes guna menumbuhkan semangat kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Reseach and Development/ penelitian dan pengembangan) yang langkah – langkahnya meliputi 2 tahap yang dilaksanakan dalam 2 tahun. Penelitian ini merupakan tahun pertama dari dua tahun yang diusulkan. Langkahlangkah dalam tahap pertama mencakup analisis kebutuhan, mengembangkan course grid, mengembangkan draftawal bahan ajar, penilaian draft produk oleh pakar (expert judgment), dan revisi produk. Analisis kebutuhan dilakukan menggunakan angket yang disebarkan kepada 100 mahasiswa berbagai jurusan di Fakultas Ekonomi (FE), Universitas Negeri Yoygakarta, yang mewakili kelompok bidang ilmu English for Business and Economics. Penelitian ini menghasilkan 2 jenis produk yaitu coursegrid dan bahan ajar yang berjudul English for Ocupational Purposes (EOP). Coursegrid terdiri dari komponen: judul unit, indikator, keterampilan berbahasa lisan (spoken cycle), keterampilan berbahasa tulis (written cycle) dan tips bisnis. Coursegrid ini kemudian dikembangkan menjadi bahan ajar. Jumlah unit yang dikembangkan adalah 6 unit. Setiap unit menyajikan 4 keterampilan pokok bahasa Inggris ( major English skills) yang dikategorisasi menjadi keterampilan berbahasa Inggris lisan (spoken cycle) dan tulisan (written cycle. Keterampilan berbahasa Inggris lisan mencakup mencakup keterampilan listening dan speaking sedangkan ketempilan tulis mencakup keterampilan reading dan writing. Fokus pembelajaran pada spoken cycle adalah language functions, spoken text dan kosakata sedang pada written cycle adalah pada written text, generic structure serta grammar. Bahan ajar ini juga disertai dengan informasi tentang tips dan informasi bisnis yang disajikan dalam bentuk teks sangat pendek. Di dalam bahan ajar ini terdapat beberapa karakter yang diinsersikan. Karakter tersebut adalah: Perseverance (ketekunan), discipline (kedisiplinan), honest (kejujuran), creative/innovative, (kreatif/innovative), positive thinking, (berfikiran positif), communicative (komunikatif) dan open minded (berfikiran terbuka). Karakter ini menjadi salah satu acauan dalam pemilihan materi dan organisasi kegiatan dalam bahan ajar EOP. Berdasarkan hasil evaluasi, draft terakhir ini termasuk kriteria sangat baik sehingga layak untuk dipergunakan.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | LAPORAN TAHUNAN PENELITIAN FUNDAMENTAL 2013 |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 08 Jul 2015 07:43 |
Last Modified: | 08 Jul 2015 07:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23005 |
Actions (login required)
View Item |