PENINGKATAN KOMPETENSI KOMUNIKASI WIRELESS MELALUI PENGGUNAAN BLUETOOTH BERBASIS ARDUINO PADA SISWA KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK HAMONG PUTERA II PAKEM

Anggita, Amindya Rarasari (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI KOMUNIKASI WIRELESS MELALUI PENGGUNAAN BLUETOOTH BERBASIS ARDUINO PADA SISWA KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK HAMONG PUTERA II PAKEM. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Anggita Amindya Rarasari - 08518241018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI KOMUNIKASI WIRELESS MELALUI PENGGUNAAN BLUETOOTH BERBASIS ARDUINO PADA SISWA KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK HAMONG PUTERA II PAKEM Oleh: Anggita Amindya Rarasari NIM. 08518241018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi komunikasi wireless pada siswa kelas XI bidang keahlian TITL di SMK Hamong Putera II Pakem melalui pelatihan penggunaan bluetooth berbasis Arduino. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I sebanyak 2 pertemuan dan siklus II sebanyak 2 pertemuan, setiap pertemuan berlangsung selama 4x45menit. Penelitian dilaksanakan di SMK Hamong Putera II Pakem. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI bidang keahlian TITL pada tanggal 29 Mei sampai 2 Juni 2012. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dengan uji t untuk sampel kecil (N<30) yang berkorelasi. Keberhasilan dalam penelitian ini yaitu ditandai dengan adanya peningkatan kompetensi komunikasi wireless sebesar >75% dari jumlah siswa kelas XI atau dengan kriteria ketuntasan minimal sebesar 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan penggunaan bluetooth berbasis Arduino dapat: 1) meningkatkan pengetahuan siswa, yaitu terlihat dari hasil postes pada siklus I dan siklus II yang meningkat dengan nilai rata-rata 82,71 dari 71,67. Hasil uji t menunjukkan thitung = 4,09 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (2,07 < 4,09 > 2,81), artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil postes pada siklus I dan siklus II. 2) meningkatkan keterampilan siswa, yaitu terlihat dari nilai rata-rata hasil praktik siswa pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 yang meningkat dengan nilai 82,5 dari 53,75. Hasil uji t menunjukkan thitung = 7,21 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (2,07 < 7,21 > 2,81), artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil praktik siswa pada pertemuan 1 dan pertemuan 2. 3) meningkatkan sikap siswa, yaitu terlihat berdasarkan data pengamatan siklus II pertemuan kedua, sikap siswa telah meningkat melebihi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu aspek mendengarkan penjelasan guru, diperoleh rata-rata skor sebesar 87,50%, aspek kemauan bertanya atas permasalahan yang belum diketahui yaitu 79,17%, aspek memberikan ide atau pendapat adalah 77,18%. Aspek siswa tidak ramai (tidak mengobrol) selama pembelajaran sebesar 88,54% dan aspek melaksanakan tugas yang diberikan trainer yaitu 88,54%. Kata kunci: pelatihan, komunikasi bluetooth, Arduino, kompetensi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Jul 2015 04:49
Last Modified: 30 Jan 2019 00:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22965

Actions (login required)

View Item View Item