APLIKASI ALGORITMA GENETIKA PADA SKEMA PENJADWALAN KOMPUTASI TERDISTRIBUSI (STUDI KASUS 1 PADA SOFTWARE-DEFINED RADIO)

Marpanaji, Eko and Dewanto, Adi and Hariyanto, Didik (2013) APLIKASI ALGORITMA GENETIKA PADA SKEMA PENJADWALAN KOMPUTASI TERDISTRIBUSI (STUDI KASUS 1 PADA SOFTWARE-DEFINED RADIO). Artikel Penelitian Fundamental.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skema penjadwalan weighted-selective dengan metoda paralelisme data (data-parallelism) atau DP-WS akan selalu memprioritaskan node yang memiliki kemampuan komputasi paling tinggi, sehingga ada kemungkinan beberapa node tidak melakukan komputasi sama sekali karena nilai prioritasnya paling rendah, dan beban kerja komputasi paralel menjadi tidak merata. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan komputasi terdistribusi dengan mengambil studi kasus tugas-tugas Software-Defined Radio (SDR) dengan menggunakan metoda paralelisme tugas (task-parallelism) sebagai perbaikan dari skema penjadwalan DP-WS. Optimasi skema penjadwalan menggunakan Algoritma Genetika. Sistem penjadwalan TP-GA ini diharapkan menghasilkan penjadwalan yang optimal dan pembagian beban kerja lebih merata. Kinerja penjadwalan diamati berdasarkan waktu eksekusi total penyelesaian setiap jadwal serta waktu idle sebagai indikator pemerataan beban kerja. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadikan konsep dasar dalam mengembangkan komputasi terdistribusi pengolahan sinyal digital frekuensi tinggi yang memiliki laju bit sangat tinggi sehingga dapat digunakan untuk pengembangan softradio, softtv ataupun softradar.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN AKHIR PENELITIAN FUNDAMENTAL 2013
Uncontrolled Keywords: algoritma genetika, komputasi terdistribusi, paralelisme tugas, penjadwalan, paralelisme data, software-define radio
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 08 Jul 2015 04:14
Last Modified: 14 Jul 2020 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22952

Actions (login required)

View Item View Item