EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN MEKATRONIKA SMKN 2 SUKOHARJO

Angger, Cahyo Nugroho (2015) EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN MEKATRONIKA SMKN 2 SUKOHARJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Angger Cahyo Nugroho-09518244023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN MEKATRONIKA SMKN 2 SUKOHARJO Oleh : Angger Cahyo Nugroho NIM. 09518244023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar metode konvensional pada pembelajaran Teknik Elektronika, (2) Mengetahui hasil belajar metode kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran Teknik Elektronika, (3) Mengetahui perbedaan antara metode konvensional dan kooperatif tipe TGT pada pembelajaran Teknik Elektronika ditinjau dari hasil belajar, (4) Mengetahui metode kooperatif tipe TGT lebih efektif dibandingkan hasil metode konvensional pada pembelajaran Teknik Elektronika ditinjau dari hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan menggunakan desain penelitian non-equivalent control group desain. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X pada kompetensi keahlian Mekatronika SMK Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 71 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode observasi. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis menggunakan uji-t. Sebelum pengujian hipotesis data diuji menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar siswa yang mengikuti proses pembelajaran Teknik Elektronika menggunakan metode konvensional pada ranah kognitif, psikomotor, dan afektif menunjukkan rerata nilai berturut-turut adalah 83,07; 82,36; dan 79,05; (2) Hasil belajar siswa yang mengikuti proses pembelajaran Teknik Elektronika menggunakan metode kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada ranah kognitif, psikomotor, dan afektif menunjukkan rerata nilai berturut-turut adalah 92,8; 87,07; dan 88,15; (3) Perbedaan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional dapat ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari ttabel dari ketiga ranah yaitu ranah kognitif (6,706>2,00), ranah psikomotor (8,763>2,00), dan ranah afektif (11,67>2,00), (4) Pembelajaran Teknik Elektronika dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional yang dapat ditunjukkan dengan rerata nilai skor gain kelompok eksperimen dari ranah kognitif (0,88), psikomotor (0,36), dan afektif (0,54). Sedangkan rerata nilai skor gain kelompok kontrol dari ranah kognitif (0,68), psikomotor (0,04), dan afektif (0,14). Kata kunci: Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament (TGT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Jul 2015 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 00:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22900

Actions (login required)

View Item View Item