Prihastama, Ridwan (2010) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM IMPLEMENTASI METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA N 1 SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL.
|
Text
Sampul.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
persetujuan 1.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
pengesahan 2.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
Pernyataan 3.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
motto 4.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
persembahan 5.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak 6.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR 7.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
new daftar isi 8.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN 9.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
bab II.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (30kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru pendidikan kewarganegaraan di SMA N I Seyegan Sleman. Terutama dalam implementasi metode dan media pembelajaran PKn. Guru sebagai tenaga pendidik dan pengajar mempunyai peran yang sangat penting dalam kemajuan bangsa Indonesia terutama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu pendidik perlu memiliki kualifikasi akademik yang dipersyaratkan, kompetensi terstandar, serta mampu menyelenggarakan pembelajaran secara profesional. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru adalah kompetensi pedagogik, kompetensi ini sangat penting karena terkait dengan pengelolaaan pembelajaran. Sehingga kalau guru mempunyai kompetensi pedagogik yang baik pasti akan dapat menyelengggarakan pembelajaran secara efektif dengan menerapkan metode dan pemilihan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah analisis data yang dilakukan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa kompetensi pedagogik guru PKn di SMA N I Seyegan secara umum sudah cukup baik. Sedangkan untuk implementasi metode sebenarnya sudah cukup baik juga, terbukti dengan menerapkan metode ceramah kombinasi dengan diskusi dan penugasan nilai siswa cukup bagus. Hanya saja pembelajaran terkesan monoton karena kurangnya variasi metode yang digunakan. Sedangkan untuk implementasi media masih belum baik karena kedua guru sangat kurang memanfaatkan media dalam pembelajaran, terutama media audio visual dan teknologi informasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 07 Jul 2015 07:22 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22880 |
Actions (login required)
View Item |