KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM IMPLEMENTASI METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA N 1 SEYEGAN SLEMAN

Prihastama, Ridwan (2010) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM IMPLEMENTASI METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA N 1 SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL.

[img]
Preview
Text
Sampul.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan 1.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan 2.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan 3.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
motto 4.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan 5.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak 6.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR 7.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
new daftar isi 8.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN 9.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru pendidikan kewarganegaraan di SMA N I Seyegan Sleman. Terutama dalam implementasi metode dan media pembelajaran PKn. Guru sebagai tenaga pendidik dan pengajar mempunyai peran yang sangat penting dalam kemajuan bangsa Indonesia terutama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu pendidik perlu memiliki kualifikasi akademik yang dipersyaratkan, kompetensi terstandar, serta mampu menyelenggarakan pembelajaran secara profesional. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru adalah kompetensi pedagogik, kompetensi ini sangat penting karena terkait dengan pengelolaaan pembelajaran. Sehingga kalau guru mempunyai kompetensi pedagogik yang baik pasti akan dapat menyelengggarakan pembelajaran secara efektif dengan menerapkan metode dan pemilihan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah analisis data yang dilakukan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa kompetensi pedagogik guru PKn di SMA N I Seyegan secara umum sudah cukup baik. Sedangkan untuk implementasi metode sebenarnya sudah cukup baik juga, terbukti dengan menerapkan metode ceramah kombinasi dengan diskusi dan penugasan nilai siswa cukup bagus. Hanya saja pembelajaran terkesan monoton karena kurangnya variasi metode yang digunakan. Sedangkan untuk implementasi media masih belum baik karena kedua guru sangat kurang memanfaatkan media dalam pembelajaran, terutama media audio visual dan teknologi informasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 07 Jul 2015 07:22
Last Modified: 30 Jan 2019 00:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22880

Actions (login required)

View Item View Item