PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG PROVINSI JAWA TENGAH

Novitasari, Ratih (2012) PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG PROVINSI JAWA TENGAH. S1 thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL.

[img]
Preview
Text
AWAL.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1,2,3,4,5 LENGKAP.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0001.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0002.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Candimulyo; (2) kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Candimulyo; dan (3) upaya yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengatasi kendala-kendala dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Candimulyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian ini dengan purposive sampling. Adapun subjek penelitian ini adalah kepala sekolah SMP Negeri 1 Candimulyo, guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri 1 Candimulyo, dan siswa-siswi SMP Negeri 1 Candimulyo. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi dengan sumber data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mencakup reduksi data, unitisasi/kategorisasi, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Candimulyo, meliputi: (a) memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih berdisiplin, yaitu dengan menjelaskan kepada siswa akan manfaat dan keuntungan yang didapat jika siswa berdisiplin, memberikan hukuman bagi siswa yang tidak berdisiplin, dan memberikan hadiah kepada siswa yang berdisiplin; (b) keteladanan dalam berperilaku, yaitu dengan berperilaku dan bertutur kata yang sopan baik dengan sesama guru atau dengan siswa; (c) penyampaian materi yang berhubungan dengan kedisiplinan yaitu materi tentang norma yang berlaku di masyarakat. Kedua, kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Candimulyo, meliputi: (a) kendala dari faktor siswa yaitu terdapat beberapa siswa yang memang sulit untuk diajak berdisiplin atau memang yang dari bawaannya sulit diatur/bandel; (b) kendala dari faktor guru yaitu kurangnya pengawasan dari guru Pendidikan Kewarganegaraan menyebabkan siswa banyak yang masih melakukan pelanggaran di sekolah. Ketiga, upaya yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengatasi kendala-kendala dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Candimulyo, meliputi (a) dari faktor siswa yaitu melakukan pendekatan kepada siswa, menanamkan kesadaran kepada siswa akan pentingnya berdisiplin, membangun kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua siswa dalam membentuk kedisiplinan siswa; (b) dari faktor guru yaitu dengan bekerjasama dengan guru-guru, wali kelas, dan ketua-ketua kelas dalam membentuk kedisiplinan siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 07 Jul 2015 07:16
Last Modified: 30 Jan 2019 00:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22879

Actions (login required)

View Item View Item