Pengembangan Modul Pelatihan Berbasis Blended Learning untuk meningkatkan Keterampilan Inkuiri dan Scaffolding Guru Kimia

Sukisman, Purtadi , M.Pd. (2013) Pengembangan Modul Pelatihan Berbasis Blended Learning untuk meningkatkan Keterampilan Inkuiri dan Scaffolding Guru Kimia. Artikel Disertasi Doktor.

[img]
Preview
Text
Artikel Laporan hibah disertasi sukisman purtadi.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan modul pelatihan berbasis blended learning dalam rangka meningkatkan keterampilan inkuiri dan scaffolding guru kimia. Penelitian yang merupakan penelitian pengembangan prosedural ini meliputi langkah-langkah need assessment, analisis kualitatif, pembuatan modul, penilaian modul, analisis hasil penilaian, dan revisi modul. Hasil analisis kualitatif dari need assessment dan telaah pustaka menetapkan karakteristik modul berdasarkan tiga kriteria utama, yaitu desain instruksional, desain teknis, dan konten (kelayakan isi). Penilaian terhadap modul menunjukkan bahwa modul yang disusun termasuk dalam kategori sangat baik (Nilai akhir = .275,2, Mi = 204, SDi = 45,33). Hal ini berarti modul, setelah dilakukan revisi dapat digunakan sebagai modul pelatihan untuk meningkatkan keterampilan inkuiri dan scaffolding guru-guru kimia.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Disertasi Doktor 2013
Uncontrolled Keywords: modul pelatihan, pengembangan, inkuiri, scaffolding, guru kimia
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 07 Jul 2015 04:07
Last Modified: 07 Jul 2015 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22857

Actions (login required)

View Item View Item