IMPLEMENTASI MODEL HIPOTETIK PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERINTEGRASI BIDANG PRODUKTIF SISWA SMK BIDANG KEAHLIAN BANGUNAN

Lilik, Ariyanto (2013) IMPLEMENTASI MODEL HIPOTETIK PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERINTEGRASI BIDANG PRODUKTIF SISWA SMK BIDANG KEAHLIAN BANGUNAN. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAP AKHIR KOMPLIT PRINT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Dapat ditemukan cara mengimplementasikan MHPT untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK kompetensi keahlian teknik konstruksi batu dan beton, (2) Dapat diketahui tingkat validitas, keefektifan dan keterlaksanaan implementasi MHPT untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK kompetensi keahlian teknik konstruksi batu dan beton, (3) Dapat diketahui respon guru dan siswa terhadap implementasi MHPT untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK kompetensi keahlian teknik konstruksi batu dan beton. Inti penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (Research & Development), berorientasi pada pengembangan produk. Pengembangan model mengikuti pola pengembangan model Instructional Development Instititute (IDI). Prosedurnya: (1) Pra-pengembangan model pembelajaran, (2) Pengembangan model pembelajaran. Uji coba model meliputi: (1) Uji coba model pembelajaran, (2) Subjek uji coba model pembelajaran. Data dalam penelitian ini terdiri atas data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen penelitian terdiri: (1) Lembar validasi, (2) Lembar observasi, (3) Lembar observasi aktivitas siswa, (4) Lembar observasi kemampuan guru menerapkan model, (5) Angket respons siswa dan guru terhadap penerapan model. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif dengan memberikan narasi yang logis sesuai dengan tujuan penelitian. Kesimpulan penelitian: (1) Implementasi MHPT dapat dilakukan dengan cara membuat suplemen pembelajaran berupa: (a) Buku panduan implementasi model, (b) RPP terintegrasi, (c) Modul pembelajaran dan, (d) Jobsheet pembelajaran, (2) Tingkat validitas (ketepatan) implementasi tepat atau sangat tepat untuk menumbuhkan kesiapan siswa dalam berwirausaha, (3) Tingkat keefektifan implementasi adalah baik atau sangat baik untuk menumbuhkan kesiapan siswa dalam berwirausaha, (4) Tingkat keterlaksanaan implementasi adalah dalam katagori baik dan sangat baik untuk menumbuhkan kesiapan siswa dalam berwirausaha, (5) Respon guru terhadap implementasi adalah dalam katagori baik dan sangat baik untuk menumbuhkan kesiapan siswa dalam berwirausaha, (6) Respon siswa terhadap implementasi adalah dalam katagori baik dan sangat baik rangka untuk menumbuhkan kesiapannya dalam berwirausaha.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: PENELITIAN DISERTASI DOKTOR 2013
Uncontrolled Keywords: Model hipotetik pembelajaran terintegrasi (MHPT) Kewirausahaan Kompetensi keahlian teknik konstruksi batu dan beton
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 07 Jul 2015 02:41
Last Modified: 07 Jul 2015 02:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22811

Actions (login required)

View Item View Item