UJI COBA MODEL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PRODUKTIF UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PROGRAM STUDI PARIWISATA BIDANG KEAHLIAN TATA BOGA

Badraningsih Lastariwati, M.Kes. (2013) UJI COBA MODEL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PRODUKTIF UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PROGRAM STUDI PARIWISATA BIDANG KEAHLIAN TATA BOGA. Artikel Disertasi Doktor.

[img]
Preview
Text
merged_document_3_ARTIKEL HDD 2013 BADRANINGSIH LASTARIWATI, UNY.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk : (1) mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kewirausahaan produktif bagi SMK Tata Boga; dan (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran kewirausahaan produktif untuk SMK Tata Boga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model dikembangkan sesuai alur penelitain pengembangan menurut Plomp, di mana penelitian ini difokuskan pada pelaksanaan uji coba model. Lokasi uji coba model adalah di SMKN 6 Yogyakarta dan SMKN 1 Sewon Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian selama uji model adalah : Uji kelompok diperluas menyatakan bahwa siswa dan guru memberikan respon positif terhadap keefektifan model pembelajaran kewirausahaan produktif selama UKD. Siswa menyatakan model pembelajaran kewirausahaan produktif efektif untuk dilaksanakan ditunjukkan dengan mean 3,00(efektif). Sementara guru, menyatakan bahwa model pembelajaran kewirausahaan produktif efektif ditunjukan dengan nilai perolehan Mean 3,63(efektif). Kepraktisan model pada penelitian UKD diperoleh nilai mean sebesar 95,004 dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kewirausahaan produktif untuk SMK Tata Boga sangat praktis untuk dilaksanakan. Selain itu, siswa memperlihatkan perubahan perilaku dan sikap kewirausahaan ke arah lebih baik; aktivitas guru dalam pembelajaran meningkat.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN AKHIR TAHUN PENELITIAN DISERTASI DOKTOR 2013
Uncontrolled Keywords: kewirausahaan produktif, SMK Tata Boga
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 06 Jul 2015 06:38
Last Modified: 06 Jul 2015 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22726

Actions (login required)

View Item View Item