STRATEGI GURU MUSIK DALAM PEMBELAJARAN INTERPRETASI MUSIK ROMANTIK DI SMK NEGERI 2 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Ayu Niza M, M. Pd., - (2013) STRATEGI GURU MUSIK DALAM PEMBELAJARAN INTERPRETASI MUSIK ROMANTIK DI SMK NEGERI 2 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAPORAN AKHIR AYU EDIT.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengungkapkan strategi guru musik dalam mengajarkan interpretasi musik jaman Romantik, dan 2) mengungkapkan dimensidimensi interpretasi musik Romantik yang perlu diajarkan oleh guru kepada siswa SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus intrinsik. Subjek penelitian adalah guru-guru yang mengampu mata pelajaran praktik instrument yang berjumlah 12 orang dan ditentukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi, Validitas data dilakukan dengan triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan secara interaktif (Model Miles dan Huberman) selama berada di lapangan. Adapun komponen analisis data meliputi reduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan/memverifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi guru musik dalam melaksanakan pembelajaran interpretasi musik Romantik menggunakan strategi pembelajaran langsung yang merupakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher-centered learning), dan menggunakan strategi dengan pendekatan individual. Selain itu, guru menggunakan metode imitasi dalam pembelajarannya. Siswa tidak dilibatkan secara aktif, dan kondisi ini terjadi di semua kelas praktik instrumen yang menjadi subjek penelitian. Padahal, dalam pembelajaran interpretasi musik khususnya musik Romantik, guru dapat menggunakan media audio visual guna memberikan pengalaman pada siswa dalam mendengarkan maupun melihat permainan para musisi virtuoso dalam memainkan karya-karya musik di era Romantik. 2) Dimensi interpretasi yang diajarkan oleh semua guru praktik instrumen hanya dimensi pengetahuan saja. Dimensi pengetahuan yang diajarkan meliputi membaca notasi yang benar, memainkan frasering yang benar, dan penjelasan tentang teknik permainan.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN AKHIR PENELITIAN DISERTASI DOKTOR 2013
Uncontrolled Keywords: startegi pembelajaran, interpretasi musik, musik Romantik
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 06 Jul 2015 06:35
Last Modified: 06 Jul 2015 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22725

Actions (login required)

View Item View Item