PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS DI SMPN KABUPATEN BANTUL

Yuni, Wibowo and Asri, Widowati and Purwanthy, Widhi H (2013) PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS DI SMPN KABUPATEN BANTUL. Artikel Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
Artikel JPMS_globalisasi.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Globalisasi memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia, termasuk pendidikan. Pendidikan era globalisasi harus mampu mengajak siswa untuk aktif berpikir ide-ide baru dan terampil. Namun kenyataannya, pembelajaran saat ini dirasa masih belum bisa memenuhi tuntutan tersebut. Pembelajaran sains masih sekedar membuktikan penemuan yang sudah ada ataupun belajar apa yang ada di buku, tanpa mengkaitkannya dengan kehidupan. Dampak yang muncul berupa rendahnya kualitas pendidikan Indonesia. Untuk itulah maka dipandang sangat perlu untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran authentic inquiry learning untuk mengembangkan creative thinking dan scientific process skill. Penelitian ini bertujuan untukmengembangkan perangkat pembelajaran sains dengan pendekatan authentic inquiry learning pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk mengembangkan Creative thinking dan scientific process skill siswa untuk merevitalisasi sekolah terdampak globalisasi. Penelitian ini dilakukan dengan cara sebagai berikut: (1) mengembangkan upaya pemberdayaan dan kemitraan dengan masyarakat wilayah Bantul dalam pembuatan perangkat pembelajaran authentic inquiry learning; (2) mendesain strategi pembelajaran dalam implementasi authentic inquiry learning dalam upaya meningkatkan creative thinking dan scientific process skill; (3) mengembangkan SSP (Subject Spesific Paedagogy) berbasis authentic inquiry learning; (4) mengembangkan model evaluasi proses dan produk pembelajaran sains untuk siswa SMP. Penelitian dilakukan menggunakan metode research and development (penilitan pengembangan) yang mengikuti model Borg and Gall. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, handout, LKS, media, dan instrumen penilaian. Produk perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini melibatkan masyarakat pengguna dan dipilih dari materi dengan standard kompetensi dan kompetensi dasar yang dapat mengembangkan creative thinking dan scientific process skill siswa serta dapat dilaksanakan di luar kelas. Produk perangkat pembelajaran yang dihasilkan divalidasi melalui review internal, review eksternal, uji coba terbatas, dan uji coba secara luas dengan menggunakan penelitian eksperimen. Data mengenai kualitas dan potensi perangkat pembelajaran yang dapat mengembangkan creative thinking dan scientific process skill dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan angket dengan menggunakan lembar observasi, review, dan kuesioner. Sementara itu, data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis korelasional.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN PENELITIAN HIBAH BERSAING 2013
Uncontrolled Keywords: authentic inquiry learning, creative thinking, scientific process skills
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 06 Jul 2015 05:49
Last Modified: 06 Jul 2015 05:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22722

Actions (login required)

View Item View Item