PENGEMBANGAN BUKU KERJA SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Suyantiningsih, M.Ed and Sekar Purbarini Kawuryan, SIP. (2013) PENGEMBANGAN BUKU KERJA SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Artikel Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan buku kerja siswa pada mata pelajaran PKn untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: (1)menyusun buku kerja siswa sebagai media pembelajaran PKn untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa sekolah dasar; (2)melakukan uji validasi melalui uji lapangan awal, revisi produk utama, uji lapangan utama, revisi produk operasional, uji lapangan operasional, dan revisi produk akhir; (3) mensosialisasikan buku kerja siswa yang telah dibuat pada tahun pertama melalui pelatihan pada guru SD di Yogyakarta; (4)mengukur tingkat kemandirian belajar siswa setelah digunakannya buku kerja siswa pada pembelajaran PKn. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Developmet (R & D). Subjek penelitian adalah guru dan siswa sekolah dasar kelas IV yang berada di wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, yang didukung focus group discussion (FGD)serta buku catatan lapangan/logbook. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa dari 3 sekolah di 3 kabupaten/Kota Propinsi DIY. Hasil yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah: (1) tersusunnya model Buku Kerja Siswa sebagai media pembelajaran PKn untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar. Sedangkan pada tahun kedua adalah; (2)tersosialisasikannya buku kerja siswa melalui pelatihan pada guru SD di Yogyakarta; (3)terukurnya tingkat kemandirian siswa setelah digunakannya Buku Kerja Siswa pada pembelajaran PKn.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN HIBAH BERSAING 2013
Uncontrolled Keywords: Buku Kerja Siswa, Kemandirian Belajar, PKn, Sekolah Dasar
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 06 Jul 2015 04:31
Last Modified: 06 Jul 2015 04:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22705

Actions (login required)

View Item View Item