MODEL PENDIDIKAN SADAR LINGKUNGAN MASYARAKAT KORBAN ERUPSI MERAPI DI KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN

Sujarwo, . and Mulyadi, Mulyadi and Entoh, Tohani (2013) MODEL PENDIDIKAN SADAR LINGKUNGAN MASYARAKAT KORBAN ERUPSI MERAPI DI KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAPORAN AKHIR HIBER 2013 SUJARWO OK BENNER.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian tahun pertama ini bertujuan menghasilkan panduan pengembangan model pendidikan sadar lingkungan melalui PKH berbasis potensi lokal dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang layak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian adalah warga masyarakat korban erupsi merapi di hunian tetap Banjarsari Cangkringan Sleman. Metode pengumpulan data yang digunakan angket, observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian tahap awal ini dihasilkan :1) Implementasi pengembangan model pendidikan sadar lingkungan melalui pendidikan kecakapan hidup berbasis potensi lokal dilakukan melalui beberpa tahapan; penelitian pendahuluan, menyusun desain pengembangan, membuat produk (panduan), melakukan validasi dan uji coba produk (validasi panduan, validasi materi, dan uji coba lapangan), dan revisi produk, pada tahun kedua dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan. 2) panduan pendidikan sadar lingkungan melalui pendidikan kecakapan hidup bermuatan potensi lokal yang dikembangkan menurut pendapat ahli media sangat layak, hal ini ditunjukan dengan skor yang diperoleh sebesar 4.06 termasuk kategori sangat baik, 3) panduan pendidikan sadar lingkungan melalui pendidikan kecakapan hidup bermuatan potensi lokal yang dikembangkan menurut pendapat ahli materi sangat layak, hal ini ditunjukan dengan skor yang diperoleh sebesar 4.33 termasuk kategori sangat baik, 4) panduan pendidikan sadar lingkungan melalui pendidikan kecakapan hidup bermuatan potensi lokal yang dikembangkan menurut pendapat peserta didik. Melalui uji lapangan sangat layak, hal ini ditunjukan dengan skor yang diperoleh pada uji lapangan kelompok besar sebesar 4.225 termasuk kategori sangat baik. Dari uji coba lapangan ditemukan perubahan sikap dan perilaku peserta didik, antara lain; adannya kerjasama antar anggota kelompok dan masyarakat lain dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan menanam sayuran, mulai adanya tanaman sayuran dalam pot-pot dan model vertikultur bambu sekitar rumah, mulai adanya, mulai adanya tempat penyemaian bibit tanaman sayuran, mulai adanya pengelolaan sampah untuk membuat kompos, dan merawat tanaman di lingkungan rumah.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH BERSAING 2013
Uncontrolled Keywords: Model Pendidikan Sadar Lingkungan, Pendidika Kecakapan Hidup, Potensi Lokal
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 06 Jul 2015 03:37
Last Modified: 06 Jul 2015 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22694

Actions (login required)

View Item View Item