PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATEMATIKA VIRTUAL BERBASIS COGNITIVE LOAD THEORY

Sugiman, Sugiman and R., Rosnawati and Endah Retnowati, M.Ed. (2013) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATEMATIKA VIRTUAL BERBASIS COGNITIVE LOAD THEORY. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAP SUGIMAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Alat peraga matematika manual tersedia di semua Laboratorium Pendidikan Matematika di Indonesia yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam melakukan kegiatan abstraksi atau menemukan konsep serta prinsip matematika. Karena bersifat manual maka dalam menggunakannya siswa bersentuhan langsung dengan alat peraga tersebut sehingga diperlukan alat peraga sejumlah siswa di dalam kelas. Selain itu penggunaan alat peraga manual juga memerlukan bahan-bahan yang banyak dan beragam, misalnya alat peraga timbangan memerlukan alat penimbangan itu sendiri dan benda-benda yang hendak ditimbang. Dengan demikian alat peraga matematika perlu divirtualkan agar lebih interaktif serta praktis dalam hal penggunaannya. Pengembangan alat peraga matematika virtual dilakukan melalui penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D-Model yang terdiri dari tahapan define, design, develop, dan disseminate. Keempat tahapan D dalam 4D- Model tersebut merupakan tahap-tahap atau sintaks dalam melakukan pengembangan yang akan dilakukan selama 3 tahun. Pada tahun 2013 kegiatan penelitian yang telah dilakukan adalah kegiatan define, design, serta develop. Hasil penelitian yang dicapai adalah telah diperoleh prototipe alat peraga matematika virtual yang digunakan untuk materi pembulatan ke bilangan satuan, puluhan, serta ratusan. Prototipe alat perga vrtual yang mengaplikasikan cognitive load theory tersebut diberi nama “Mari Menimbang.” Untuk melihat validitas prototipe alat peraga virtual yang dikembangkan adalah dengan cara dinilaikan kepada tiga ahli dan sepuluh praktisi. Ketiga ahli tersebut terdiri atas seorang ahli media berbasis ICT, seorang ahli materi matematika, dan seorang ahli pendidikan matematika. Sedangkan kesepuluh praktisi adalah guru-guru matematika yang berpengalaman dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas. Hasil penilaian ahli terhadap aspek Kognitif Instrinsik, Kognitif Ekstra, Syarat Didaktik, Syarat Konstruksi, dan Syarat Teknis berturut-turut adalah 3,17, 3,1. 3,17, 3,08, 3,4, dan 3,33 yang masing-masing berkriteria baik. Adapun hasil penilaian praktisi terhadap enam aspek yang sama berturutturut 3,73, 3,53, 3,58, 3,6, 3,54, dan 3,73 yang masing-masing berkriteria sangat baik. Secara keseluruhan penilaian ahli terdapat laboratorium pendidikan matematika virtual adalah 3,19 dengan kriteria baik sedangkan para praktisi memberi nilai 3,6 dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN HIBAH BERSAING 2013
Uncontrolled Keywords: Cognitive Load Theory, Laboratorium Pendidikan Matematika
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 06 Jul 2015 03:16
Last Modified: 06 Jul 2015 03:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22681

Actions (login required)

View Item View Item