Sugihartono, Sugihartono and Isti Yuni, Purwanti and Kartika Nur, Fathiyah (2013) PANDUAN PENANGANAN SISWA BERBAKAT (GIFTED) MELALUI TASK COMITMMENT. [Experiment/Research]
|
Text
laporan hasil hibah bersaing sugihartono.pdf Download (346kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tahun pertama (dari 2 tahun penelitian) ini bertujuan menghasilkan draf panduan penanganan anak gifted melalui task comitment bagi guru sekolah dasar di Kota Yogyakarta. Penelitian ini berawal dari adanya tiga alasan utama. Alasan pertama, belum adanya panduan penanganan untuk siswa gifted, termasuk didalamnya untuk mengidentifikasi siswa yang tergolong berbakat (gifted). Alasan kedua, peran dan tanggung jawab seorang guru dalam memberikan penanganan kepada siswa gifted, belum optimal. Alasan ketiga, identifikasi dan penanganan siswa gifted terutama dari komitmen anak terhadap tugas perlu diberikan sedini mungkin terutama di jenjang pendidikan dasar yaitu Sekolah Dasar. Subjek penelitian adalah 40 orang siswa kelas 2 dari sekolah yang dipandang favorit dan 8 guru Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta dari siswa yang dikirim sekolah dan dipandang menonjol dari sisi akademik.Pengambilan sampel menggunakan area quota random sampling. Pendekatan penelitian yang digunakan pada tahun pertama adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif dilakukan melalui tes pada siswa untuk mendapatkan data mengenai kemampuan intelektual anak melalui tes CPM (Children Progressive Matriks) dan Tes Kreativitas Figural. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan informasi dari guru mengenai pengalaman mendidik anak berbakat, problem dan strateginya, serta kebutuhan-kebutuhan yang ada dalam menghadapi anak berbakat. Subyek penelitian adalah Luaran penelitian ini adalah tersusunnya draf panduan penanganan anak gifted melalui task comitment bagi guru Sekolah Dasar di kota Yogyakarta yang diharapkan dapat diuji penggunaannya di tahun 2.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | LAPORAN PENELITIAN HIBAH BERSAING 2013 |
Uncontrolled Keywords: | gifted, task comitment, guru sekolah dasar |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 06 Jul 2015 02:51 |
Last Modified: | 06 Jul 2015 02:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22673 |
Actions (login required)
View Item |