PENGEMBANGAN MODEL BUSINESS CENTER SEBAGAI LABORATORIUM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER DAN PERILAKU WIRAUSAHA MAHASISWA

Sri, Sumardiningsih and Endang, Mulyani (2013) PENGEMBANGAN MODEL BUSINESS CENTER SEBAGAI LABORATORIUM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER DAN PERILAKU WIRAUSAHA MAHASISWA. Artikel Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengembangan Model Business Center sebagai Laboratorium Pendidikan Kewirausahaan Untuk Menumbuhkan Karakter dan Perilaku Wirausaha Mahasiswa” ini dilakukan dengan tujuan:1) memperoleh informasi tentang peta Business Center di UNY, 2) memperoleh gambaran mengenai penggunaan business center dalam pembelajaran kewirausahaan di UNY 3) mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung penggunaan business center sebagai tempat praktek kewirausahaan di UNY, 4) menemukan draf model Business Center di UNY yang dapat digunakan sebagai tempat praktik kewirausahaan. Pengembangan model business center di Perguruan Tinggi dalam penelitian ini menggunakan four-d model (Thiaragajan et.al, 1994). Model pengembangan dari Four-D Model terdiri atas empat tahap, yaitu tahap define, design, develop dan disseminate, namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap yang ke tiga. Penelitian ini dilakukan di UNY dengan jumlah populasi 64 prodi di UNY. pengambilan sampel mengguna teknik purposive sampling. Dan data penelitian di analisis dengan menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan hasil pemetaan pembelajaran kewirausahaan di UNY, diketahui bahwa pembelajaran kewirausahaan masih didominasi oleh teori, metode pembelaran kewirausahaan di UNY sudah cukup beragam sesuai dengan materi yang diajarkan, jenis praktik kewirausahaannya sebagian besar berupa praktik menjual dan mendirikan usaha baru, pembelajaran kewirausahaan berlum memanfaatkan bussines center; 2) Berdasarkan Pemetaan business center di UNY, diketahui bahwa terdapat 14 unit usaha UNY yang dapat dijadikan sebagai sarana pendukung perkuliahan kewirausahaan, dan beberapa bussines center atau embrio bussines cente di masing-masing fakultas yaitu Sportsmart “M” UNY, Laboratorium Klinik Terapi Fisik (FIK), Bengkel Motor (FT), Sarana Olahraga (FIK), Media Net FT UNY, Kantin (FBS dan FMIPA) dan EEC Mart (FE); 3) sebagian besar business center di UNY belum dimanfaatkan sebagai praktik pembelajaran kewirausahaan. kecuali Fakultas ekonomi yang telah memanfaatkan business center EEC-Mart sebagai laboratorium kewirausahaan; 4) terdapat faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan business center sebagai tempat praktik kewirasahaan di UNY; 5) draf model bussines center sebagai laboratorium kewirausahaan di UNY telah dikembangkan berdasarkan kajian teori dan data empiris hasil penelitian pemetaan.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH BERSAING 2013
Uncontrolled Keywords: Business Center, Karakter, Perilaku, Wirausaha, Mahasiswa
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 06 Jul 2015 02:19
Last Modified: 06 Jul 2015 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22655

Actions (login required)

View Item View Item