Sabar, Nurohman and Suyoso, Suyoso (2013) PENGEMBANGAN APLIKASI PHYSICS MOBILE LEARNING PADA GADGET BERPLATFORM ANDROID GUNA MENINGKATKAN AKSES BELAJAR FISIKA DI ERA DIGITAL. Artikel Hibah Bersaing.
|
Text
Artikel HB.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
Kemajuan dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi telah “membawa” manusia pada sebuah era yang sering disebut sebagai era digital. Pada era digital, manusia dapat memperoleh berbagai informasi dunia dalam waktu yang sangat cepat. Bahkan informasi tersebut kini bisa diperoleh dari “genggaman tangan” melalui sebuah gadget, baik yang berbentuk smartphone maupun tablet. Melalui perangkat tersebut, pengguna dapat menikmati berbagai aplikasi baik dalam kategori hiburan, informasi atau bahkan edukasi. Inovasi media pembelajaran Fisika perlu dikembangkan sedemikian rupa sehingga kompatibel dengan kemajuan TIK. Oleh karena itu diusulkan sebuah Penelitian dan Pengembangan dengan tujuan : 1) Mengembangkan aplikasi Physics Mobile Learning sebagai media pembelajaran Fisika yang dapat diakses melalui gadget berplatform Android, 2) Menguji kelayakan aplikasi Physics Mobile Learning baik dalam perspektif kontain maupun disain penyajian menurut para pakar (dosen ahli), praktisi (guru), dan pengguna (siswa). Metode penelitian yang akan digunakan adalah Reasech and Development (R&D) dengan model yang ditawarkan oleh Borg & Gall (1983: 775). 1) Research and information collecting, 2) Planning, 3) Develop preliminary form of product, 4) Preliminary field testing, 5) Main product revision, 6) Main field testing, 7) Operational product revision, 8) Operational field testing, 9) Final product revision, 10) Dissemination and implementation. Telah dihasilkan “Model” aplikasi Physics Mobile Learning sebagai media pembelajaran Fisika yang dapat diakses melalui gadget berplatform Android pada materi Besaran dan Satuan, Kinematika dan Gravitasi. Aplikasi Physics Mobile Learning dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dilihat dari perspektif konten materi dan strategi penyajian materi, terbukti dari hasil penilaian Ahli (dosen) dan Praktisi (guru) pada kategori “sangat baik”. Sedangkan respon siswa terhadap produk berada pada kategori “Baik”.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | LAPORAN TAHUNAN HI BAH BERSAING 2013 |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Physics Mobile Learning, Android |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 06 Jul 2015 01:29 |
Last Modified: | 06 Jul 2015 01:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22607 |
Actions (login required)
View Item |