Pengembangan Instrumen Penilain Otentik Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Tema Indahnya Negeriku Subtema Keindahan Alam Negeriku Kelas IV SD 1 Kadipiro

Yustiana, Sari (2015) Pengembangan Instrumen Penilain Otentik Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Tema Indahnya Negeriku Subtema Keindahan Alam Negeriku Kelas IV SD 1 Kadipiro. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sari-yustiana-13712251030.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan komponen instrumen penilaian otentik berbasis contextual teaching and learning pada tema Indahnya Negeriku Subtema Keindahan Alam Negeriku kelas IV SD 1 Kadipiro, dan (2) mengetahui instrumen penilaian otentik berbasis contextual teaching and learning pada tema Indahnya Negeriku Subtema Keindahan Alam Negeriku kelas IV SD 1 Kadipiro yang akurat dan terpercaya. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba utama adalah 10 peserta didik kelas IV B SD 1 Kadipiro. Subjek Uji coba operasional adalah 31 peserta didik kelas IV A SD 1 Kadipiro. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi, lembar angket respon guru, lembar angket respon peserta didik, lembar observasi kegiatan peserta didik, dan tes hasil belajar. Validitas instrumen menggunakan validitas isi menggunakan Aiken’ V, reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha, tingkat kesukaran soal menggunakan proportion correct, dan daya pembeda soal menggunakan korelasi point biserial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian terdiri dari 6 topik, dengan komponenen berupa draf penilaian (sikap, pengetahuan, ketrampilan), rubrik penilaian, dan tugas peserta didik. Penilaian ahli menunjukan produk pada kategori “Baik”. Validitas isi dari instrumen penilaian otentik berkategori “Valid”. Reliabilitas penilaian otentik berkategori “Reliabel” dengan Cronbach Alpha > 0,7. Tingkat kesukaran soal dikategorikan “Baik” dengan indeks 0,25-0,75; dan daya pembeda soal dapat “diterima” dengan indeks ≥0,20.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian otentik, tematik-integratif, contextual teaching and learning, lembar penilaian produk instrument
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Jul 2015 01:25
Last Modified: 09 May 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22582

Actions (login required)

View Item View Item