An Integrated New Course Book in Learning and Using English for Social Domains of English Partial Immersion Program at Vocational High Schools Sebagai Buku Acuan Berbahasa Inggris untuk SMK Bilingual di Daerah Istimewa Yogyakarta

R.A. Rahmi, D. Andayani and Agus, Widyantoro and Nur, Hidayanto (2013) An Integrated New Course Book in Learning and Using English for Social Domains of English Partial Immersion Program at Vocational High Schools Sebagai Buku Acuan Berbahasa Inggris untuk SMK Bilingual di Daerah Istimewa Yogyakarta. Artikel Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PENELITIAN HB.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan hibah bersaing yang dilakukan oleh Andayani, Rahmi D., dkk (2007 dan 2008) yang bertujuan untuk membuat model pembelajaran English Immersion Program dan sosialisasi model tersebut di sekolah bilingual di DIY untuk kelas Bahasa Inggris dan MIPA. Hasil penelitian selanjutnya berupa buku ajar untuk kelas bilingual sebagai masukan kebijakan bagi institusi terkait dan untuk meningkatkan produktivitas sumber daya manusia dengan hasil perbukuan nasional berjudul: (a). An Integrated New Course Book In Learning And Using English For Social Sciences for English Partial Immersion Class Program for the VII Grade Students, (b). An Integrated New Course Book In Learning And Using English For Languages and Literatures for English Partial Immersion Class Program for the VII Grade Students. Hasil penelitian 2013 juga telah diterbitkan oleh The Language Institute of Thammasat University dalam international proceeding di Thailand, The 3rd International Conference on Foreign Language Learning and Teaching: Research, Renovation, and Reinforcement: Enhancing Quality in Language Education, dengan judul “The English Partial Immersion Model at Junior International School of Yogyakarta, Indonesia”. Desain penelitian berupa descriptive qualitative dan quantitative. Data berupa ujaran lisan dan bahasa tertulis, sumber data adalah siswa, guru, dan kepala sekolah di SMK domain Sosial, stakeholders, dan para peserta workshop. Alat pengumpul data berupa video, tape recorder, buku panduan, dan catatan-catatan lapangan, sedangkan instrumen penelitian berupa human instrument (key instrument) yang dilengkapi dengan kuesioner tentang uji coba buku ajar untuk SMK domain Sosial yang berupa The Bilingual Partial Immersion Course. Sedangkan uji validitas dilakukan dengan cara (1) triangulasi, (2) pemeriksaan sejawat, (3) uji coba buku dan (4) pencocokan hasil analisis terdahulu. Diharapkan dengan terwujudnya pembuatan buku di tahun ke 2 ini, guru-guru tersebut memiliki buku teks sebagai buku pegangan kelas bilingual khususnya untuk SMK domain Sosial. Target penelitian adalah memberi masukan kepada pembuat kebijakan pendidikan, 1 | Integrated New Course Book in Learning and Using English for Social Domains of English Partial Immersion Program at Vocational High Schools Sebagai Buku Acuan Berbahasa Inggris untuk SMK Bilingual di Daerah Istimewa Yogyakarta seperti Mendiknas, Direktorat Menengah Kejuruan terutama berkaitan dengan penunjukan sekolah yang dijadikan model untuk sekolah bilingual di Indonesia. Target lain berupa peningkatkan kinerja sumber daya manusia, kualitas pengajaran dan inovasi pendidikan, produktivitas, efisiensi internal, dan efisiensi eksternal, serta bahan kebijakan nasional dengan terwujudnya buku acuan yang berjudul AN INTEGRATED NEW COURSE BOOK IN LEARNING AND USING ENGLISH FOR SOCIAL DOMAINS OF ENGLISH PARTIAL IMMERSION PROGRAM AT VOCATIONAL HIGH SCHOOLS.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN AKHIR HIBAH BERSAING TAHUN II 2013
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 03 Jul 2015 02:06
Last Modified: 03 Jul 2015 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22534

Actions (login required)

View Item View Item