ENOMENA SERTIFIKASI GURU DALAM HUBUNGANNYA DENGAN INTERAKSI SOSIAL DI SMA N 11 YOGYAKARTA

Tersani, Okti (2014) ENOMENA SERTIFIKASI GURU DALAM HUBUNGANNYA DENGAN INTERAKSI SOSIAL DI SMA N 11 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V dan daftar pustaka.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Tuj uan peneli t ian ini untuk mengetahui sertifikasi guru dalam hubungannya dengan interaksi sosi al guru di sekol ah. Metode peneli t ian yang digunakan dalam peneli t ian ini yakni deskri pt if kuali tat if . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dengan tekni k pemilihan informan purposive sampling. Penentuan pemilihan informan dilakukan berdasarkan tuj uan tertentu yang sudah di persiapkan sebelumnya. Validi tas data dilakukan dengan menggunakan tri angulasi sumber dan tri angulasi metode. Tekni k analisis data menggunakan teknik analisis data deskri pt if kualitatif mulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penari kan kesimpulan. Hasil peneli t ian ini ialah fenomena sert ifikasi guru dal am hubungannya dengan interaksi sosi al yang diungkapkan ol eh warga SMA N 11 Yogyakarta tel ah melahirkan bentuk interaksi assosiatif dan interaksi dissosiatif . Bentuk interaksi dissosi at if yang terj adi di sekol ah antara l ain sertifikasi guru mampu menciptakan kerenggangan interaksi guru dalam pemenuhan 24 jam mengajarserta munculnya supra ordinasi di kalangan guru. Bentuk interaksi assosi at if antara l ain akibat adanya permasalahan tersebut sekol ah memiliki fenomena menari k yakni patungan sebagai rutini tas laten untuk menjaga keharmonisan guru serta terbentuknya klik antar sesama guru. Faktor yang mempengaruhi fenomena sertifikasi guru dal am hubungannya dengan interaksi sosial di SMA N 11Yogyakarta antara l ain faktor internal dan faktor eksternal dar i guru yang bersangkutan. Faktor internal yang mempengaruhi interaksi guru antara l ain kecenderungan sifat manusia untukmemilih berhubungan dengan individu pilihannya serta sifat dan sikap egois-materi alist i s yang dimiliki guru. Faktor eksternal yang mempengaruhi interaksi sosi al guru antara l ain kedekatan ruang kerja, proses meniru teman sejawat, serta hasutan atau sugest i yang di terima guru. Kata Kunci: Sertifikasi Guru, Interaksi sosi al.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 03 Jul 2015 06:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22483

Actions (login required)

View Item View Item