PENGEMBANGAN MATERI BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS KEBUTUHAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Muh, Farozin and Budi, Astuti and Eva Imania, Eliasa (2013) PENGEMBANGAN MATERI BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS KEBUTUHAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Artikel Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PAK FAROZIN HIBER 2013.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa dan menghasilkan blueprint buku materi bimbingan klasikal berbasis kebutuhan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah pertama di Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan penelitian riset dan pengembangan (research and development/ R&D) yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Subyek penelitian adalah siswa dan guru sekolah menengah pertama di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah stratified random sampling. Hasil penelitian ialah (1) diperoleh gambaran/profil motivasi belajar siswa sekolah menengah pertama di Yogyakarta, dilihat dari; (a) jenjang kelas 7, 8, dan 9; (b) jenis kelamin; (c) pendidikan Ayah dan Ibu; (d) pekerjaan Ayah dan Ibu; (e) status siswa KMS dan non KMS; (f) keutuhan anggota keluarga, dan (2) tersusunnya draft/blueprint buku materi bimbingan klasikal berbasis kebutuhan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah pertama.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN PENELITIAN HIBAH BERSAING 2013
Uncontrolled Keywords: bimbingan klasikal berbasis kebutuhan, motivasi belajar
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jul 2015 07:01
Last Modified: 02 Jul 2015 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22463

Actions (login required)

View Item View Item