PENGEMBANGAN EKSPERIMEN KIMIA BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) SEBAGAI MODEL PENYIAPAN SISWA MENJADI PROFESIONAL MASA DEPAN

Rr. Lis, Permana Sari and Sukisman, Purtadi (2013) PENGEMBANGAN EKSPERIMEN KIMIA BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) SEBAGAI MODEL PENYIAPAN SISWA MENJADI PROFESIONAL MASA DEPAN. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Laporan Thn-1 Rr. Lis Permana Sari_UNY_HB_2013.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan (1) mengembangkan model eksperimen kimia berbasis Education Sustainable Development (ESD) untuk mempersiapkan siswa menjadi profesional masa depan (2) menyusun perangkat pembelajaran yang mendukung model yang dikembangkan tersebut (3) menguji feasibilitas model yang dikembangkan tersebut dalam pembelajaran kimia di SMA. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini mengikuti metode penelitian pengembangan prosedural. Peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran dan menilaikan berdasarkan empat kriteria, yaitu isi, perencanaan pembelajaran, teknis video, dan materi tambahan/suplemen. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa model eksperimen kimia berbasis ESD yang dikembangkan, diperoleh skor rata – rata keseluruhan 143,4 (Kelas X); 140,6 (Kelas XI); 146,3 (Kelas XII) dari skor maksimal 175. Hasil Uji kualitas berada dalam rentang skor kategori Baik (B) dan mempunyai persentase keidealan berturut-turut sebesar 81,94% (Kelas X); 80,34% (Kelas XI), dan 83,60% (Kelas XII) SMA.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN PENELITIAN HIBAH BERSAING 2013
Uncontrolled Keywords: Education Sustainable Development (ESD), model eksperimen kimia,pembelajaran kimia, perangkat pembelajaran, pengembangan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jul 2015 06:45
Last Modified: 02 Jul 2015 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22456

Actions (login required)

View Item View Item