PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN 1 KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA

Hernawati, Kuswari and Mahmudi, Ali and Lestari, Himmawati Puji (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN 1 KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA. Artikel Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
Artikel HB Kuswari.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan mendasar yang harus dimiliki mahasiswa adalah kemampuan komunikasi matematis. Kenyataan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis mahasiswa masih kurang. Tulisan ini membahas hasil penelitian yang bertujuan untuk 1) mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran Geometri berbasis ICT yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa, dan 2) mengetahui respons mahasiswa terhadap perangkat pembelajaran Geometri berbasis ICT yang dikembangkan. Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yang mencakup 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket respon mahasiswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan Catatan Lapangan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Karakteristik perangkat pembelajaran RPP yang dikembangkan adalah : a) Kegiatan inti dilaksanakan dengan alokasi waktu yang jelas, b) Kegiatan mahasiswa dalam mengekplorasi materi dilakukan dengan metode diskusi kelompok, c) diskusi kelompok dilaksanakan untuk melaksanakan kegiatan yang ada di LKM, d) kelompok yang tidak terlalu besar, e) ada kegiatan presentasi dan pembahasan hasil diskusi. Lembar Kegiatan Mahasiswa yang dikembangkan mempunyai karakteristik sebagai berikut : a) LKM dirancang untuk memfasilitasi diskusi kelompok, b) menggunakan bahasa yang jelas dan tidak mempunyai arti ganda, c) Kegiatan mahasiswa mengekplorasi konsep materi yang membutuhkan visualisasi dibantu dengan media berbasis ICT, d) tidak semua kegiatan mahasiswa dibantu visualisasi dengan media sehingga kemampuan daya tanggap ruang mahassiwa dapat dikembangkan, e) mahasiswa sebaiknya mempunyai bekal kemampuan menggunakan software. Kualitas dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, keefektifan dan kepraktisan memperoleh hasil sebagai berikut : Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. memperoleh skor berturut-turut 3,17 dan 3,28 berada dalam kategori baik, artinya bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid. Pencapaian kemampuan komunikasi matematis mahasiswa rata-rata 3,23 termasuk pada kategori baik, dan sebanyak 80,8% responden mencapai kemampuan komunikasi matematis dalam kategori baik, artinya perangkat pembelajaran efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada mata kuliah Geometri Ruang. Respons mahasiswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKM berbasis ICT termasuk dalam kategori sangat baik, yaitu dengan skor 3,30 dalam interval 1-4. Respons mahasiswa terhadap pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 3,34 dalam interval 1-4, sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran praktis digunakan untuk pembelajaran Geometri Ruang

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN HIBAH BERSAING 2013
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis, perangkat pembelajaran, geometri
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jul 2015 06:30
Last Modified: 15 Oct 2019 06:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22451

Actions (login required)

View Item View Item