PENGARUH TAWAS HASIL SINTESIS DARI LIMBAH KALENG MINUMAN TERHADAP KINETIKA ADSORPSI METHYL ORANGE OLEH KAPAS DAN SERAT KAIN

Jaslin, Ikhsan (2013) PENGARUH TAWAS HASIL SINTESIS DARI LIMBAH KALENG MINUMAN TERHADAP KINETIKA ADSORPSI METHYL ORANGE OLEH KAPAS DAN SERAT KAIN. Artikel Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JASLIN IKHSAN.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk menentukan order reaksi dan konstanta laju reaksi pada pengikatan zat warna azo methyl orange oleh adsorben kapas dan kain. Selain itu, pengaruh penambahan mordan tawas hasil sintesis dari kaleng bekas terhadap konstanta laju pengikatan juga diteliti. Data dikumpulkan melalui kinetika adsorpsi, yaitu pengukuran konsentrasi methyl orange yang terikat olehadsorben sebagai fungsi waktu danadsorpsi tepi,untuk menentukan pengaruh pH terhadap adsorpsi. Hasil adsorpsi tepi dimanfaatkan untuk menentukan pH optimal dan untuk keperluan pengontrolan pH dalam kinetika adsorpsi. Semua eksperimen tersebut dilakukan pada suhu 30 o C, dandata yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan persamaan laju reaksi Lagergren. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengikatan methyl orange baik oleh kapas maupun kain berlangsung melalui reaksi berorder dua. Konstanta laju reaksi pengikatan methyl orange oleh kapas tanpa dan dengan penambahan tawas sintesis berturut-turut adalah 93,669 dan 476,858 g mmol menit -1 . Sedangkan konstanta pada pengikatan zat warna tersebut oleh kain tanpa dan dengan penambahan mordan sintesis berturut-turut adalah -79,436 dan -78,520g mmol -1 menit -1 . Penambahan mordan hasil sintesis kaleng bekas dapat mempercepat terwujudnya kesetimbangan reaksi pengikatan oleh kapas, tetapi tidak berpengaruh pada pengikatan kain.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH BERSAING 2013
Uncontrolled Keywords: adsorpsi; methyl orange; order reaksi; kostanta laju; persamaan Lagergren
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jul 2015 06:16
Last Modified: 02 Jul 2015 06:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22444

Actions (login required)

View Item View Item