RANCANG BANGUN AUDIO INTEGRATED PEST MANAGEMENT MELALUI SPESIFIKASI SPEKTRUM BUNYI BINATANG ALAMIAH DAN GAMELAN BLAGANJUR DALAM NASKAH LONTAR USADA CARIK SATU PENDEKATAN PENGENDALIAN HAMA TERPADU

I Gusti Putu, Suryadarma and Nur, Kadarisman (2013) RANCANG BANGUN AUDIO INTEGRATED PEST MANAGEMENT MELALUI SPESIFIKASI SPEKTRUM BUNYI BINATANG ALAMIAH DAN GAMELAN BLAGANJUR DALAM NASKAH LONTAR USADA CARIK SATU PENDEKATAN PENGENDALIAN HAMA TERPADU. Artikel Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
RANCANG BANGUN AUDIO INTEGRATED PEST MANAGEMENT.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Peningkatan populasi tikus antara lain diakibatkan berkurangnya binatang alamiah tertentu sehingga berkuranngya pemunculan vibrasi suara binatang tersebut. Vibrasi suara angsa, orong-orong nongcret dan bunyi gamelan blaganjur memiliki spesifikasi vibrasi yang dapat menggangu aktivitas populasi tikus. Pengendalian hama secara terpadu merupakan upaya pengendalian jumlah populasi binatang melalui mekanisma alamiah dan siklus hidupnya. Masyarakat petani Bali telah memanfaatkan berbagai sumber bunyi dalam pengendalian hama melalui penggunaan vibrasi suara yang dipasang di areal persawahan. Sumber sumber suara sebagai pengendali hama, baik suara hasil teknologi masyarakat lokal dan penggunaan suara-suara binatang alamiah telah tertulis di dalam naskah Lontar Usada Carik. Perlunya teknologi alternatif untuk menghadirkan kembali spesifikasi paparan berbagai vibrasi suara binatang alamiah dan rekaman bunyi gamelan blaganjur sebagai pengendali hama tikus. Pemaparan kembali vibrasi spesifikasi suara melalui rancang bangun audio spesifikasi spektrum bunyi. Prinsip kerja spesifikasi vibrasi spektrum bunyi melalui ubahan frekuensi suara suara tersebut dengan mengatur vibrasi yang spesifik. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan suatu hasil penelitian dalam bidang rekayasa dan modifikasi teknologi audio untuk pengendalian hama. Tujuan khusus penelitian adalah ; (1) Mengetahui besaran vibrasi suara binatang alami dan gamelan blaganjur sebagai dasar penentuan ubahan skala vibrasi. (2) Penyimpanan dan manipulasi ubahan besaran variasi suara dalam bentuk rekaman. (3) Efektivitas besaran frekuensi dan lama pemaparan rekaman suara sebagai pengendalian hama. (4) Dampak rekaman terhadap perilaku tikus pada sekala laboratorium. Metode penelitian yang digunakan merupakan gabungan metode eksplorasi dan eksperimen susuai tahapan penelitian. Tahapan pertama menggunakan metoda eksplorasi dan eksperimen sebagai dasar uji coba. Tahap kedua metoda eksperimen terhadap spesifikasi vibrasi rekaman suara terhadapa perilaku tikus sebagai upaya pengendalian jumlahnya. Ditemukan spesifikasi spektrum bunyi tiga jenis binatang alami dan keunikan intrumen gamelan blaganjur. Spektrum bunyi dapat diubah dalam domain frekuensi. Hasil ubahan dapat digunakan sebagai uji coba terbatas pada aktivitas tikus percobaan. Hasil uji menunjukkan hasil: yang nyata terhadap aktivitas tikus sebagai binatang uji coba pada tingkatan umur satu bulan dua bulan dan tiga bulan.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN HIBAH BERSAING 2013
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jul 2015 06:05
Last Modified: 02 Jul 2015 06:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22437

Actions (login required)

View Item View Item