PELAKSANAAN MOVING CLASSDI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Pridayani, A. Agung (2011) PELAKSANAAN MOVING CLASSDI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Skripsi Asummpta Agung Pridayani.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Observasi+Denah.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penerapan sistem pembelajaran Moving Classadalah salah satu cara agar sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Moving Class ini juga merupakan salah satu prasyarat dari Sekolah Kategori Mandiri (SKM). Moving Classitu sendiri merupakan pembelajaran dimana siswa berpindah ruang setiap terjadi pergantian pelajaran dan kelas yang dituju merupakan kelas mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pelaksanaan Moving Classdi SMA Negeri 7 Yogyakarta. 2) Mengatahui kelebihan dari Moving Classyang dilaksanakan di SMA Negeri 7 Yogyakarta. 3) Mengetahui hambatan dari pelaksanaan Moving Classdi SMA Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah para siswa, guru, karyawan dan kepala sekolah SMA Negeri 7 Yogyakarta. Cara pengambilan sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Milles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Moving Classdi SMA Negeri 7 Yogyakarta telah dirintis sebagai salah satu syarat dari Sekolah Kategori Mandiri sejak tahun ajaran 2007/2008, namun baru dilaksanakan pada tahun ajaran 2008/2009. Segenap perangkat sekolah menjalankan fungsi dan tugasnya dalam rangka mendukung pelaksanaan Moving Classdi sekolah tersebut. Pada akhir semester diadakan evaluasi bagi setiap penanggung jawab dalam pengelola pelaksanaan Moving Class. Terdapat strategi pengelolaan Moving Class dalam bidang perpindahan peserta didik, ruang belajar mengajar, administrasi guru dan peserta didik, remidi dan pengayaan, serta penilaian. Pelaksanaan Moving Class ini memiliki kelebihan yaitu: interaksi siswa dengan siswa kelas lain yang terjadi setiap pergantian ruang, kenyamanan dan rasa tidak bosan terhadap suasana kelas, kebebasan menentukan tempat dan teman duduk, serta sesuainya ruang kelas dengan mata pelajaran yang diikuti. Namun ada pula hambatan yang dialami dalam pelaksanaan Moving Classyaitu: hambatan pelaksanaan Moving Class lebih banyak pada waktu yang terpotong, dimana tidak adanya waktu siswa untuk berpindah ruang karena waktu perpindahan antar kelas sudah termasuk dalam satu jam pelajaran sehingga berdampak pada tidak efektifnya waktu penyampaian materi pelajaran, disamping pula pada kelengkapan sarana prasarana penunjang Moving Class yang belum lengkap, belum ditata dan didesainnya ruang sesuai karakter mata pelajaran yang diikuti, terganggunya konsentrasi dalam kelas ketika ada siswa yang terlambat dan pergantian jam kelas lain saat kelas sedang belajar, serta sifat malas yang berujung pada bolos dalam mengikuti pelajaran serta prestasi siswa yang juga mengalami penrunan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22413

Actions (login required)

View Item View Item