KELAS INKLUSIF MASIH BANYAK DIKELOLA SECARA MODEL EKSLUSIF

Hermanto, Hermanto and Nurtanio, AP, and Sukinah, Sukinah (2013) KELAS INKLUSIF MASIH BANYAK DIKELOLA SECARA MODEL EKSLUSIF. Artikel Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL HB 13 HERMAN UNY KELAS INKLUSIF.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Kebijakan pendidikan inklusif telah digulirkan, sehingga saat ini banyak ditemukan adanya sekolah yang menyelenggarakan kelas inklusif. Penyelenggaraan sekolah atau kelas inklusif dikarenakan adanya tunjukan dari dinas ataupun karena kesadaran pihak sekolah. Diantara sekian banyak sekolah yang memberikan identitas sebutan sebagai sekolah inklusif ternyata tidak sedikit yang masih menyelenggaran proses pembelajaran secara ekslusif. Terjadinya penyelenggaraan pembelajaran ekslusif di kelas inklusif dikarenakan adanya beberapa faktor diantaranya: ketidaktahuan guru dalam memperlakukan siswa berkebutuhan khusus di kelas yang heterogen, kebijakan sekolah dan dinas pendidikan belum sepenuhnya mendukung terselenggaranya kelas inklusif, keterbatasan fasilitas atau sarana prasarana, dan yang paling utama adalah belum optimalnya pelatihan riil tentang strategi dan cara mengelola kelas inklusif, penilaian di kelas inklusif, serta keterlibatan supervisi pembelajaran yang intensif untuk keberhasilan pengelolaan kelas inklusif.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN HIBAH BERSAING TAHUN ANGGARAN 2013
Uncontrolled Keywords: Kelas inklusif, kelas ekslusif.
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:14
Last Modified: 02 Jul 2015 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22400

Actions (login required)

View Item View Item