MODEL PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI STRATEGI PENGENTASAN KEMISKINAN DI LERENG MERAPI KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Hastuti, Hastuti and Suhadi, Purwantara and Nurul, Khotimah (2013) MODEL PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI STRATEGI PENGENTASAN KEMISKINAN DI LERENG MERAPI KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Artikel Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
artikel desa wisata.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan model pengembangan desa wisata berbasis kearifan lokal sebagai strategi pengentasan kemiskinan. Pengembangan penelitian ini melalui analisis profil kegiatan masyarakat serta analisis akses dan kontrol terhadap potensi setempat untuk menyusun strategi kegiatan pengembangan model desa wisata berbasis kearifan lokal dalam kerangka pengentasan kemiskinan di perdesaan. Penelitian ini dilakukan di 3 (tiga) wilayah lereng Merapi Kabupaten Sleman, meliputi Desa Wisata Pentingsari, Srowolan, dan Brayut. Populasi penelitian adalah semua kepala rumah tangga yang terlibat dalam kegiatan pengembangan Desa Wisata Pentingsari, Srowolan, dan Brayut. Sampel penelitian ditentukan secara purposive, dengan mengambil 40 orang responden di setiap desa wisata. Jenis data penelitian meliputi data primer dan sekunder. Data dikumpulkan dengan metode studi pustaka, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di wilayah penelitian berdasarkan potensi wilayah, kegiatan desa wisata, dan kearifan lokalnya dapat dibuat 3 (tiga) model pengembangan desa wisata, yaitu: (1) Desa Wisata Pentingsari dijadikan alternatif model pengembangan desa wisata alam, (2) Desa Wisata Srowolan dijadikan alternatif model pengembangan desa wisata budaya, dan (3) Desa Wisata Brayut dijadikan alternatif model pengembangan desa wisata alam dan budaya.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN AKHIR HIBAH BERSAING 2013
Uncontrolled Keywords: odel Desa Wisata, Kearifan Lokal, Pengentasan Kemiskinan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:08
Last Modified: 02 Jul 2015 04:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22394

Actions (login required)

View Item View Item