Giri, Wiyono and Setya, Utama and Sunyoto, Sunyoto (2013) PENINGKATAN LAYANAN MUTU PENDIDIKAN BERSTANDAR ISO 9001:2008 MELALUI PENGEMBANGAN MODEL TOTAL QUALITY SCHOOL DI SMK DIY. Artikel Hibah Bersaing.
|
Text
Artikel Penelitian HB 2013.pdf Download (611kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan model Total Quality School di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) DIY yang dapat meningkatkan layanan mutu pendidikan berstandar ISO 9001: 2008. Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian dan pengembangan ini dirancang untuk dua tahap. Dalam penelitian tahap pertama ini dilakukan untuk mengumpulkan informasi guna menyusun suatu rencana model Total Quality School di SMK yang mengarah pada peningkatan layanan mutu pendidikan berstandar ISO 9001: 2008. Penelitian pada tahap pertama ini dilaksanakan di sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang meliputi: (1) Bantul, (2) Gunungkidul, (3) Kulonprogo, (4) Sleman, dan (5) Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMK Negeri dan Swasta yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berjumlah 211 SMK. Sampelnya adalah SMK Negeri dan Swasta yang sudah memperoleh sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) berstandar ISO 9001:2000 (ISO 9001:2008), atau sedang mengajukan proses sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) berstandar ISO 9001:2008 yang berjumlah 110 SMK. Berdasarkan atas hasil pengujian first order dan second order CFA, dan sintesis dari model Total Quality School dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Model pengukuran dalam penerapan model sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001: 2008 di SMK dilakukan melalui 8 dimensi, yaitu: keterlibatan total, fokus pada pelanggan, pendekatan proses, pendekatan sistem, pendekatan fakta untuk pengambilan keputusan, perbaikan berkesinambungan, hubungan pelanggan yang saling menguntungkan, dan kepemimpinan; (2) Rancangan model Total Quality School berstandar ISO 9001:2008 di SMK yang mengarah pada peningkatan layanan mutu pendidikan mempunyai 6 prinsip utama sebagai pilar mutu, yaitu: keterlibatan total, fokus pada pelanggan, pengukuran, perbaikan berkesinambungan, kepemimpinan, dan komitmen.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | LAPORAN TAHUNAN PENELITIAN HIBAH BERSAING 2013 |
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Menengah Kejuruan, Manajemen Mutu Terpadu, Sekolah Bermutu Total. |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 03:10 |
Last Modified: | 02 Jul 2015 03:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |