Bioprospeksi Bakteri Thermofilik Penghasil Cationic Antimicrobial Peptides (AMPs) Sebagai Agen Antikanker dan Antimikrobia

Evy, Yulianti and Anna, Rakhmawati and Kartika Ratna, Pertiwi (2013) Bioprospeksi Bakteri Thermofilik Penghasil Cationic Antimicrobial Peptides (AMPs) Sebagai Agen Antikanker dan Antimikrobia. ARTIKEL HIBAH BERSAING.

[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Berkembangnya terapi antikanker dan antimikrobia menyebabkan penemuan agen antikanker dan antimikrobia dengan mekanisme kerja yang berbeda semakin menarik untuk diteliti karena adanya resistensi sel kanker maupun sel mikrobia terhadap obat-obatan yang sudah ada. Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya senyawa protein yang dihasilkan oleh mikroorganisme yang bersifat toksik terhadap bakteri tetapi tidak untuk sel mamalia normal yang menunjukkan aktivitas melawan sel kanker. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk melihat aktivitas antibakteri, antifungi dan antikanker dari protein yang dihasilkan oleh bakteri thermofilik. Pada tahun pertama penelitian ini, dilakukan identifikasi mikroorganisme penghasil Antimicrobial Peptides (AMP) secara morfologis dan kimiawi; fermentasi; pemisahan/pemurnian protein; melihat profil protein, uji bioaktivitas protein dan cell free extract hasil fermentasi terhadap bakteri dan fungi patogen, dan uji sitotoksik protein terhadap sel kanker T47D. Identifikasi morfologis dan kimiawi berdasar pada Bergey’s manual. Uji aktivitas antimikrobia dilakukan berdasarkan terbentuknya zona jernih pada medium dengan mikrobia uji yang diberi papper disk yang ditetesi protein dan cell free extract hasil fermentasi masing-masing isolat. Mikrobia uji yang digunakan adalah E coli, Staphylococcus aureus, dan Candida albican. Uji sitotoksik terhadap sel kanker payudara T47D dilakukan dengan metode MTT assay. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh 6 isolat bakteri termofilik yang menghasilkan AMP dengan karakteristik yang berbeda-beda, yaitu isolat D94b, D153, D104c, D83, D113 dan D110. Pengujian antimikrobia menunjukkan bahwa baik protein maupun cell free ekstrak yang dihasilkan oleh 6 isolat tersebut mempunyai kemampuan antimikrobia pada mikrobia uji dengan MIC dan diameter zona hambat yang berbeda kecuali protein yang dihasilkan oleh isolat D83 dan D104c yang tidak memiliki kemampuan antibakteri terhadap E coli. Hasil uji sitotoksik menunjukkan bahwa IC protein masing-masing isolat terhadap sel kanker T47D berbeda beda, yaitu isolat D83 436,5 μg/mL, D94b 954,99 μg/mL, D110a 629,5 μg/mL, D104c 371,5 μg/mL, D113 501,1 μg/mL, dan D153 2,35 μg/mL.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN HIBAH BERSAING 2013
Uncontrolled Keywords: bakteri termofilik, antikanker, antibakteri, antifungi, Antimicrobial Peptides
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jul 2015 02:40
Last Modified: 02 Jul 2015 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22346

Actions (login required)

View Item View Item