PENGEMBANGAN MODEL COMMUNITY OF PRACTICE BERBASIS MODAL SOSIAL GUNA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT

ENTOH, TOHANI and SUJARWO, SUJARWO (2013) PENGEMBANGAN MODEL COMMUNITY OF PRACTICE BERBASIS MODAL SOSIAL GUNA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT. ARTIKEL HIBAH BERSAING.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dirancang dalam dua tahun pelaksanaan untuk menghasilkan model community of practice berbasis modal sosial guna meningkatkan mutu pendidikan kewirausahaan masyarakat, yang dapat menjadi masukan dalam pengambilan keputusan pengembangan masyarakat dan memberikan kontribusi positif pada pengembangan teori dan praktik pendidikan. Penelitian yang diusulkan ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dalam dua tahun keigatan penelitian. Tahun pertama, difokuskan pada pengkajian kebutuhan pengembangan, perumusan model konseptual dan ujicoba dan validasi empiric skala terbatas. Temuan pada tahun pertama menunjukkan bahwa model komunitas praktek (community of practice) berbasis modal sosial dapat tervalidasi, dan secara khusus mampu membangun kesadaran kelompok sasaran untuk melaksanaan komunitas praktek, memotivasi kelompok sasaran untuk gemar belajar dan ikut serta aktif dalam kegiatan wirausaha bersama. Terkait dengan temuan tahun pertama ini, pada tahun kedua akan dilakukan ujicoba model dan validasi skala luas disertai dengan penyusunan modul pembelajaran dalam komunitas praktek berbasis modal sosial, dan penyusunan instrument evaluasi penyelenggaraan komunitas praktek berbasis modal sosial. Penelitian pada tahun kedua akan menggunakan kelompok sasaran pengembangan minimal empat kelompok sasaran yang ada di wilayah provinsi DIY.

Item Type: Article
Additional Information: PENELITIAN HIBAH BERSAING
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jul 2015 02:17
Last Modified: 02 Jul 2015 02:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22335

Actions (login required)

View Item View Item