PENGEMBANGAN MODEL ALIGNMENT ANTARA PENILAIAN DAN KURIKULUM MELALUI PEMETAAN BUTIR

Elly, Arliani and Kana, Hidayati (2013) PENGEMBANGAN MODEL ALIGNMENT ANTARA PENILAIAN DAN KURIKULUM MELALUI PEMETAAN BUTIR. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAP TAHUN I HIBAH BERSAING- ELLY-FINAL.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Item Mapping (pemetaan butir) berdasarkan teori respons butir dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan apa yang siswa tahu dan mampu lakukan pada tingkat penguasaan tertentu. Salah satu keputusan yang perlu dibuat dalam pemetaan butir adalah mendefinisikan tingkat kesuksesan atau disebut Response Probability (RP) yang digunakan untuk mencari atau memetakan butir sepanjang skala skor dengan tujuan menggambarkan keterampilan siswa pada titik-titik skor tertentu. Keputusan tentang nilai-nilai Response Probability (RP) ini merupakan salah satu hal penting dalam Item Mapping karena mempengaruhi interpretasi tingkat skor. Seiring berkembangnya teori pengukuran, item mapping berdasarkan teori respons butir dapat digunakan dalam berbagai kegiatan pengukuran pendidikan. Melalui studi literatur, artikel ini membahas penerapan item mapping berdasarkan teori respons butir dalam kegiatan pengukuran khususnya dalam pendidikan matematika di Indonesia.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN PENELITIAN HIBAH BERSAING
Uncontrolled Keywords: Item Mapping, Teori Respons Butir, Matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jul 2015 02:13
Last Modified: 02 Jul 2015 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22334

Actions (login required)

View Item View Item