Elly, Arliani and Kana, Hidayati (2013) PENGEMBANGAN MODEL ALIGNMENT ANTARA PENILAIAN DAN KURIKULUM MELALUI PEMETAAN BUTIR. [Experiment/Research]
|
Text
LAP TAHUN I HIBAH BERSAING- ELLY-FINAL.pdf Download (299kB) | Preview |
Abstract
Item Mapping (pemetaan butir) berdasarkan teori respons butir dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan apa yang siswa tahu dan mampu lakukan pada tingkat penguasaan tertentu. Salah satu keputusan yang perlu dibuat dalam pemetaan butir adalah mendefinisikan tingkat kesuksesan atau disebut Response Probability (RP) yang digunakan untuk mencari atau memetakan butir sepanjang skala skor dengan tujuan menggambarkan keterampilan siswa pada titik-titik skor tertentu. Keputusan tentang nilai-nilai Response Probability (RP) ini merupakan salah satu hal penting dalam Item Mapping karena mempengaruhi interpretasi tingkat skor. Seiring berkembangnya teori pengukuran, item mapping berdasarkan teori respons butir dapat digunakan dalam berbagai kegiatan pengukuran pendidikan. Melalui studi literatur, artikel ini membahas penerapan item mapping berdasarkan teori respons butir dalam kegiatan pengukuran khususnya dalam pendidikan matematika di Indonesia.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | LAPORAN TAHUNAN PENELITIAN HIBAH BERSAING |
Uncontrolled Keywords: | Item Mapping, Teori Respons Butir, Matematika |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 02:13 |
Last Modified: | 02 Jul 2015 02:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22334 |
Actions (login required)
View Item |