Pengembangan Model Komunitas Pembelajar Profesional Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Guru Berbasis Sekolah

Dwi Esti, Andriani, M.Pd, M.EdSt and Dr. Wiwik, Wijayanti and Pujaningsih, Pujaningsih (2013) Pengembangan Model Komunitas Pembelajar Profesional Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Guru Berbasis Sekolah. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAPORAN HIBER 16 Desember 2013.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pertama dari rencana 2 tahun penelitian. Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan prototype model komunitas pembelajar profesional (KPP) SD untuk peningkatan mutu guru SD berbasis sekolah. Pengembangan prototype model berdasarkan hasil kajian literatur, data hasil survey tentang KPP dan Focused Group Discussion (FGD). Survey KPP dilakukan dengan penyebaran angket pada 90 guru SD di 9 SD Kota. Kajian literatur dilakukan dengan mengkaji konsep KPP dari 30 literatur ilmiah. FGD dilaksanakan dengan peserta terdiri dari unsur Kepala SD, pengawas sekolah, dan Guru SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membutuhkan sekolah sebagai komunitas pembelajar profesional (KPP). Ketika sekolah menjadi KPP, sekolah merupakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pembelajaran kolaboratif guru. Ketika pembelajaran ini diarahkan pada peningkatan mutu pembelajaran di kelas, maka prestasi siswa dan sekolah akan meningkat. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa KPP ini pada tingkatan tertentu telah terjadi di sekolah. Kondisi ini ditunjukkan dari perolehan skor pada enam dimensi komunitas pembelajar profesional yang secara ratarata berada pada kategori baik. Namun demikian, untuk menjadi komunitas pembelajar profesional yang kuat, enam dimensi komunitas pembelajar profesional masih perlu dikembangkan. Untuk itu, sekolah perlu membangun struktur dan kultur yang mendukung ini serta mengintegrasikan dan mensinergikan sumber daya internal dan eksternal sekolah untuk penguatan enam dimensi ini.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN HIBAH BERSAING
Uncontrolled Keywords: Principal, Professional Learning Community
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jul 2015 01:19
Last Modified: 02 Jul 2015 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22315

Actions (login required)

View Item View Item