PENGEMBANGAN E- MODUL PEMBELAJARAN PNEUMATIK PADA MATA PELAJARAN PROSES DASAR KEJURUAN MESIN DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Ahmad, Faishal (2015) PENGEMBANGAN E- MODUL PEMBELAJARAN PNEUMATIK PADA MATA PELAJARAN PROSES DASAR KEJURUAN MESIN DI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ahmad Faishal 09518244022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN E- MODUL PEMBELAJARAN PNEUMATIK PADA MATA PELAJARAN PROSES DASAR KEJURUAN MESIN DI SMK N 3 YOGYAKARTA Oleh: Ahmad Faishal NIM. 09518244022 Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Memperoleh model e-modul yang tepat untuk pembelajaran pneumatik. (2) Mengetahui fungsionalitas e-modul pembelajaran pneumatik. (3) Mengetahui kelayakan e-modul pembelajaran pneumatik untuk mata pelajaran Proses Dasar Kejuruan Mesin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan tahapan (1) perencanaan penulisan modul, (2) pengembangan modul, pada tahapan ini digunakan pendekatan waterfall meliputi (a) software analysis requirement, (b) design, (c) coding , dan (d) testing. (3) review,uji coba dan revisi, dan (4) finalisasi. Subjek penelitian meliputi dosen ahli, guru dan siswa teknik pemesinan SMK N 3 Yogyakarta dan objek penelitian berupa elektronik modul pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah : (1) Produk software berupa elektronik modul yang dikemas dalam bentuk multimedia dengan model meliputi penggunaan layout berupa frame, penggunaan media gambar berupa realistic visual dan simbol yang disusun secara konsisten, background biru yang digunakan memiliki sifat tenang, dan penempatan navigasi yang sistematis. (2) Hasil uji fungsionalitas meliputi kesesuaian tujuan yang diharapkan berdasarkan menumenu yang dipilih dan ketepatan link yang dituju dengan menggunakan tombol navigasi yang tersedia. (3) Hasil uji kelayakan e-modul meliputi aspek materi, aspek media dan aspek pembelajaran modul. Penilaian aspek materi oleh ahli materi memperoleh persentase 75% dan oleh guru 81,25 %, keduanya termasuk kategori “Baik”. Penilaian aspek media oleh ahli media memperoleh persentase 76% dan oleh guru 79% termasuk dalam kategori “Baik” dan oleh siswa 81,28% termasuk kategori “Sangat Baik”. , Penilaian aspek pembelajaran modul oleh guru memperoleh persentase 82,57% termasuk kategori “Sangat Baik” dan oleh siswa sebesar 78% termasuk kategori “Baik”. Kata kunci: E- modul, pembelajaran pneumatik , proses dasar kejuruan mesin

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Jul 2015 07:47
Last Modified: 30 Jan 2019 00:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22300

Actions (login required)

View Item View Item