PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DISKRET BERBASIS REPRESENTASI MULTIPEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH

Djamilah Bondan, Widjajanti and Fitriana Yuli, Saptaningtyas and Dwi, Lestari (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DISKRET BERBASIS REPRESENTASI MULTIPEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAPORAN HIBAH BERSAING DISKRET 2013-Djamilah.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Tujuan jangka panjang dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis representasi multipel untuk perkuliahan Matematika Diskret yang mampu meningkatkan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis mahasiswa calon guru matematika sekolah menengah. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa: (1) Bahan ajar Matematika Diskret berbasis Representasi Multipel yang valid, praktis, dan efektif ; dan (2) Publikasi ilmiah tentang efektifitas bahan ajar Matematika Diskret berbasis Representasi Multipel ditinjau dari kemampuan komunikasi dan koneksi matematis mahasiswa calon guru matematika sekolah menengah. Dalam rangkaian melakukan penelitian pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskret berbasis Representasi Multipel ini, suatu uji coba terbatas telah dilakukan untuk mengetahui efektivitas Bahan Ajar tersebut ditinjau dari kemampuan komunikasi dan koneksi matematis mahasiswa calon guru matematika. Subyek uji coba yang digunakan pada penelitian ini adalah 41 mahasiswa Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta yang menempuh perkuliahan Matematika Diskret pada semester Februari-Juni 2013. Instrumen untuk mengukur kemampuan komunikasi dan koneksi matematis berupa soal uraian, masing-masing terdiri empat soal yang dikembangkan oleh tim peneliti dan divalidasi oleh lima orang dosen Jurdik Matematika FMIPA UNY. Ada tiga indikator untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan 4 indikator untuk mengukur kemampuan koneksi matematis. Bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi dan koneksi matematis jika minimal ada 75% subyek uji coba yang memperoleh skor kemampuan komunikasi dan koneksi matematis dalam kategori tinggi atau sangat tinggi, yaitu memperoleh skor lebih dari 21 dari skor maksimal 36. Hasil penelitian menunjukkan ada 78% mahasiswa (32 dari 41) yang memperoleh skor kemampuan komunikasi matematis lebih dari 21, dan ada 83% mahasiswa (34 dari 41) yang memperoleh skor kemampuan koneksi matematis lebih dari 21. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam uji coba terbatas ini bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti dapat dikategorikan efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi dan koneksi matematis.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN HIBAH BERSAING
Uncontrolled Keywords: Matematika Diskret, Representasi Multipel, komunikasi, koneksi, mahasiswa
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 01 Jul 2015 06:33
Last Modified: 01 Jul 2015 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22287

Actions (login required)

View Item View Item