MODEL PENGEMBANGAN KARAKTER KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK KELAS 1 SD MELALUI PROJECT METHOD

Aprilia Tina, Lidyasari, M.Pd (2013) MODEL PENGEMBANGAN KARAKTER KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK KELAS 1 SD MELALUI PROJECT METHOD. LAPORAN TAHUNAN HIBAH BERSAING.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Sekolah Dasar merupakan salah satu jenjang pendidikan yang menjadi wajib belajar di Indonesia. Di SD anak didik tidak hanya menjadi cerdas tapi juga berkarakter. Cerdas dan berkarakter ini akan tercapai jika ada kemandirian dalam belajar, namun realitanya tidak semua anak SD memiliki kemandirian belajar selain itu juga dikarenakan belum adanya suatu model pengembangan kemandirian belajar anak SD. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan berjudul “Model Pengembangan Karakter Kemandirian Belajar Anak SD melalui Project Method” Hasil akhir penelitian ini, yaitu pada akhir tahun ketiga (tahap III) diharapkan dapat ditemukan model pengembangan karakter kemandirian anak kelas 1 SD melalui metode Project Method, yang dapat digunakan oleh guru SD untuk dapat mengembangakan kemandirian anak kelas 1 SD. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti mengadopsi model research, development, and diffussion dari (Hopkins & Clark, 1976). Penelitian tahap research (tahun I), yaitu: a) penelitian pendahuluan dimaksudkan untuk mengetahui kemandirian belajar anak kelas 1 SD di Kabupaten/Kota DI Yogyakarta. Studi hasil-hasil penelitian dimaksudkan untuk mengetahui hasil penelitian yang telah dilakukan para pakar dalam kaitan dengan topik yang diteliti. Tahapan tersebut dimaksudkan untuk menjaring need assessmentmenggunakan skala kemandirian belajar dan wawancara pada guru kelas 1 sebagai dasar dalam merancang prototype model pengembangan karakter kemandirian belajar anak kelas 1 SD melalui project method. Pada penelitian tahun I, diperoleh hasil skore skala tingkat kemandirian belajar siswa kelas 1 SD diperoleh rata-rata dari kelima kabupaten di Yogyakarta adalah 63,11 artinya sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan berada dalam kategori rendah. Demikian pula hasil wawancara terhadap guru/ wali kelas 1 SD diperoleh hasil bawasannya tanggung jawab, rasa percaya diri, serta kreativitas yang merupakan bagian dari kemandirian belajar anak SD kelas 1 masih kurang mandiri sehingga membutuhkan adanya modul/ panduan untuk memandirikan belajar anak SD kelas 1 untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas 1 SD.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN HIBAH BERSAING
Uncontrolled Keywords: Karakter, kemandirian belajar, anak kelas 1 SD, Project Method
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 01 Jul 2015 04:35
Last Modified: 01 Jul 2015 04:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22265

Actions (login required)

View Item View Item