Mahmudi, Ali and Sahid, Sahid and Hernawati, Kuswari and Lestari, Himmawati Puji (2013) PENGEMBANGAN INTERACTIVE STUDENT’S BOOK BERBASIS ICT UNTUK MENDUKUNG AKTIVITAS EKSPLORASI KONSEP-KONSEP GEOMETRI. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.
|
Text
abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
Salah satu masalah mendasar dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya aktivitas kreatif dan bermakna bagi siswa. Pada umumnya pembelajaran lebih bersifat mekanistis dan kurang memberikan kesempatan luas kepada siswa untuk mengeksplorasi dan menemukan sendiri konsep-konsep matematis. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh masih sedikitnya ketersediaan bahan ajar (student’s book) yang dapat memfasilitasi siswa melakukan aktivitas eksplorasi, selain masih terbatasnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT yang dapat membantu dan mempermudah proses eksplorasi tersebut. Seiring perkembangan zaman, pemanfaatan media pembelajaran matematika berbasis ICT merupakan keharusan dan kebutuhan. Media pembelajaran berbasis ICT sangat ideal dimanfaatkan dalam pembelajaran konsep-konsep matematis yang menuntut ketelitian tinggi, membelajarkan konsep atau prinsip yang perlu disajikan secara repetitif, atau membelajarkan konsep yang memerlukan tampilan grafis dengan akurasi yang akurat dan cepat. Media ini sangat berpotensi sebagai sarana bagi siswa untuk melakukan aktivitas eksplorasi berbagai konsep matematis guna mencapai pemahaman matematis yang baik. Berdasarkan hal itu, dipandang perlu untuk mengembangkan student’s book berbasis ICT yang dimaksudkan untuk mendukung aktivitas eksplorasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan student’s book yang mendukung aktivitas siswa dalam pembelajaran Geometri di SMP. Student’s book ini bersifat interaktif dalam arti siswa dapat berinteraksi dengan buku dan mengeksplorasi konsepkonsep Geometri melalui aktivitas-aktivitas berbantuan ICT. Tujuan rinci penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan karakteristik student’s book yang mendukung aktivitas eksplorasi konsep-konsep geometri SMP, 2) mengetahui kualitas student’s book yang dikembangkan, dan 3) mendeskripsikan kendala atau masalah dalam pengembangan student’s book. Karakteristik student’s book yang dikembangkan adalah : 1)Format penyajian buku diawali dengan penyajian kutipan dari matematikawan untuk menginspirasi siswa, ilustrasi yang mendukung, dan tujuan pembelajaran, 2) disajikan konteks atau situasi yang mendukung untuk menstimulasi penemuan konsep, 3) Untuk memperkaya wawasan siswa, penyajian dilengkapi dengan sejarah terkait topik tersebut, 4) kegiatan berbasis ICT untuk mengeksplorasi konsep-konsep geometri, 5) Untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah, disajikan contoh-contoh soal dan latihan soal yang bervariasi. Berdasarkan hasil penilaian, kualitas student’s book yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid, dengan skor 3,83 dari skor maksimum 4. Kendala yang dihadapi dalam pengembangan student’s book ini adalah ketersediaan software yang digunakan untuk memfasilitasi aktivitas eksplorasi siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | LAPORAN TAHUNAN HIBAH BERSAING |
Uncontrolled Keywords: | interactive Student’s book, eksplorasi, geometri |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 04:12 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 06:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22255 |
Actions (login required)
View Item |