Model Pemberdayaan Perempuan Miskin Melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten

Agung, Utama (2013) Model Pemberdayaan Perempuan Miskin Melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. Artikel Laporan Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
14. Draft Artikel.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Kemiskinan menjadi salah satu ukuran terpenting untuk mengetahui tingkat kesejahteraan suatu rumah tangga. Kemiskinan merupakan masalah pembangunan yang ditandai dengan pengangguran, keterbelakangan, dan keterpurukan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan profil perempuan miskin di Kcamatan Wedi, mengukur potensi perempuan miskin dalam mengembangkan kewirausahaan berbasis potensi lokal di kecamatan Wedi serta mengetahui efektivitas model Project Based Learning sebagai model pelatihan kewirausahaan dalam rangka pemberdayaan perempuan miskin berbasis potensi lokal di Kecamatan Wedi. D a t a P e n e l i t i a n i n i t e r d i r i d a r i d a t a p r i m e r d a n s e k u n d e r . Data primer berupa tempat dan peristiwa yang terkait dengan pemberdayaan perempuan miskin yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan diskusi kelompok terarah (focus group discussion) secara bertahap. Data sekunder berkaitan dengan data statistik tentang kemiskinan dan hasil penelitian terkait yang pernah dilakukan. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif (interactive model of analysis) yang memiliki tiga komponen yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (Miles & Huberman, 1985).Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan profil perempuan miskin di kecamatan Wedi, diketahui mereka masih tinggal di rumah yang tidak layak huni, memiliki akses pendidikan yang terbatas serta pendapatan yang rendah. Kondisi demikian menjadikan mereka terbelenggu dalam lingkaran kemiskinan. Pengukuran terhadap 28 responden terkait potensi kewirausahaan yang ada pada diri perempuan miskin di kecamatan Wedi, didapatkan hasil keseluruhan responden (perempuan miskin) memiliki potensi yang tinggi dalam menjalani profesi kewirausahaan atau memiliki potensi tinggi sebagai calon enterpreneur atau wirausaha. Pelatihan kewirausahaan bagi perempuan miskin di kecamatan Wedi dalam rangka pemberdayaan perempuan dan pengentasan kemiskinan dengan menggunakan model Project Based Learning dinilai efektip dikarenakan sebagian besar peserta sukses dtinjau dari tingkat penguasaan kepribadian (jiwa) kewirausahaan dan keterampilan yang dimiliki selama memperoleh pengalaman belajar bisnis riil dengan model Project Based Learning.

Item Type: Article
Additional Information: HIBAH BERSAING
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan perempuan, kewirausahaan, kemiskinan
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 01 Jul 2015 04:07
Last Modified: 01 Jul 2015 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22251

Actions (login required)

View Item View Item