Desiastari (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MORAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMPIT IHSANUL FIKRI MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK(1).pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I(1).pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III(1).pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV(1).pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V(1).pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
8. LAMPIRAN .pdf Download (324kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan moral dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMPIT Ihsanul Fikri Magelang. Pengimplementasian pendidikan moral dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ini meliputi penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penerapan metode pembelajaran, dan teknik evaluasi hasil pembelajaran yang berdimensi pendidikan moral di SMPIT Ihsanul Fikri Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive, yaitu guru Pendidikan Kewarganegaraan yang terdiri dari 2 (dua) guru dan 22 (dua puluh dua) siswa yang terdiri dari kelas VII, dan VIII siswa yang dapat mewakili semua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah teknik analisis data dalam penelitian ini, adalah reduksi data, display data, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini adalah: 1)Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Kewarganegaraan yang berdimensi pendidikan moral di SMPIT Ihsanul Fikri Magelang terintegrasi dalam RPP Pendidikan Kewarganegaraan pada umumnya, implementasinya terlihat pada butir kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran yang yang direncanakan disesuaikan dengan materi dan tujuan pembelajaran, dan teknik penilaian yang direncanakan menerapkan teknik penilaian non-tes; 2)Metode pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang berdimensi pendidikan moral di SMPIT Ihsanul Fikri Magelang adalah ceramah bervariasi, metode diskusi, metode resitasi (penugasan), dan metode debat; 3)Teknik evaluasi/penilaian hasil pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang berdimensi pendidikan moral di SMPIT Ihsanul Fikri Magelang adalah menggunakan teknik penilaian non-tes yang berupa teknik observasi perilaku, pertanyaan langsung, dan catatan perkembangan (anecdotal record). Kata kunci: Implementasi, pendidikan moral, Pendidikan Kewarganegaraan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum Ilmu Sosial > Multikultural |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 00:36 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22218 |
Actions (login required)
View Item |