KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS V B DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PEMBERIAN REWARD DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Ariany Putri, Desti (2015) KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS V B DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PEMBERIAN REWARD DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103244021_DESTI ARIANY PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa tunagrahita kategori sedang kelas VB di SLB N Pembina Yogyakarta sebagai implikasi dari pemberian reward dan langkah guru dalam memberikan reward agar siswa terlibat aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru kelas VB dan dua siswa. Adapun objek penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa tunagrahita kategori sedang dan pemberian reward dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui triangulasi teknik dan dengan ketekunan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perilaku keaktifan belajar yang nampak dalam diri siswa tunagrahita kategori sedang kelas VB SLB N Pembina Yogyakarta ditandai dengan munculnya perilaku subyek pada aspek keberanian, berpartisipasi, usaha belajar, dan kemandirian saat pembelajaran. Keaktifan belajar pada diri siswa tunagrahita kategori sedang masih memerlukan bantuan guru, pendampingan dan pemberian reward; (2) Langkah pemberian reward yang dilakukan oleh guru dari setiap pertemuan adalah sama. Diawali dengan menyeleksi perilaku yang diinginkan, memilih kondisi situasi, menentukan jumlah reward, mengatur jadwal pemberian reward (memberikan reward secara berselang), memberikan penjelasan tentang materi yang akan dibahas pada setiap pertemuan dalam kegiatan pembelajaran, memotivasi siswa dengan memberikan hadiah (reward) ketika pembelajaran berlangsung, memberikan reward kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dari guru, memberikan reward kepada siswa yang dapat mengikuti instruksi guru, memberikan reward kepada siswa yang menyelesaikan tugasnya dengan baik dan benar, menggabungkan penggunaan penghargaan sosial bersama dengan jenis penghargaan lain (makanan dan simbol bintang), menunjukkan hasil karya siswa sebagai tanda reward, guru terkadang tidak menyimpulkan hasil belajar pada setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22165

Actions (login required)

View Item View Item