KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERWUDHU ANAK AUTIS KELAS X SMALB SEKOLAH KHUSUS AUTISMA BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Nourmaulid Taqwa, Yoesniar (2015) KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERWUDHU ANAK AUTIS KELAS X SMALB SEKOLAH KHUSUS AUTISMA BINA ANGGITA YOGYAKARTA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103244019_YOESNIAR NOURMAULID TAQWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan media video terhadap kemampuan berwudhu anak autis kelas X SMALB Sekolah Autis Bina Anggita Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-B-A’. Subyek penelitian yaitu seorang anak autis kelas X SMALB dan beragama Islam. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi pelaksanaan intervensi serta praktek berwudhu. Instrumen penelitian berupa panduan observasi yang digunakan selama fase baseline-1, intervensi, dan baseline-2. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pada kemampuan berwudhu subyek memperlihatkan adanya pengurangan frekuensi kesalahan dalam melakukan praktek berwudhu fase baseline-1 (A) yaitu 5 kesalahan gerakan pada observasi ke-1,2, dan 3, ada 3 kesalahan gerakan pada observasi ke-4, intervensi (B), baseline-2 (A’) yaitu 1 kesalahan gerakan pada observasi ke-1, dan tidak adanya kesalahan gerakan pada observasi ke-2,3 dan 4. Hasil penelitian ini menunjukkan media video efektif terhadap kemampuan berwudhu anak autis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22164

Actions (login required)

View Item View Item