EFEKTIVITAS MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERBEDAAN JENIS KELAMIN PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA

Solichah, Umi (2015) EFEKTIVITAS MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERBEDAAN JENIS KELAMIN PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103241049_UMI SOLICHAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media gambar untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi perbedaan jenis kelamin pada anak autis di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen, yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain A-BA’. Subjek penelitian, yaitu satu siswa autis yang masih kesulitan dalam mengidentifikasi perbedaan jenis kelamin. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan mengidentifikasi perbedaan jenis kelamin pada anak autis. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan jawaban benar subjek dalam mengidentifikasi perbedaan jenis kelamin. Adapun hasilnya, yaitu baseline-1 (A) menunjukkan data yang stabil dengan rentang 67,70%-78,96%, dan mean level 73,33. Fase intervensi (B), menunjukkan data yang stabil dengan rentang 82,5%- 97,5%, dan mean level 90. Selanjutnya, pada fase baseline-2 (A’) juga menunjukkan data yang stabil dengan rentang 89,17%-104,17%, dan mean level 96,67%. Oleh karena itu, mean level dari baseline-1 ke baseline-2 mengalami peningkatan, yaitu 73,33 menjadi 96,67, sehingga terjadi peningkatan sebesar 23,34, serta rendahnya persentase overlap, yaitu 0% pada kondisi baseline-1 dengan intervensi, dan 25% pada kondisi intervensi dengan baseline-2 Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Gambar efektif untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi perbedaan jenis kelamin pada subjek autis yang berinisial PJC.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22162

Actions (login required)

View Item View Item