PENGARUH MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAGI ANAK AUTIS KELAS VII DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Tara Tantinia, Nurlinda (2015) PENGARUH MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAGI ANAK AUTIS KELAS VII DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103241028_NURLINDA TARA TANTINIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa autis kelas VII di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Single Subject Research (SSR) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Baseline-1(A), Intervensi (B) dan Baseline-2 (A’). Subjek penelitian terdiri dari satu orang anak autis kelas VII di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan berbicara aspek menjelaskan situasi, observasi, dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar seri dapat mempengaruhi kemampuan berbicara pada anak autis kelas VII di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Subjek sangat antusias serta mau mengikuti instruksi dengan baik secara bertahap sehingga kemampuan berbicaranya meningkat. Pengaruh yang diberikan terhadap subjek tersebut ditunjukkan dengan menurunnya frekuensi kesalahan yang signifikan pada fase intervensi dan baseline-2.Perubahan level yang terjadi pada perbandingan kondisi intervensi dengan baseline-1 (B/A) untuk kemampuan berbicara menjelaskan peristiwa dan situasi yaitu +5. Sedangkan pada kondisi intervensi dengan baseline-2 (A’/B) yaitu +3.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22160

Actions (login required)

View Item View Item