KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA BOLA WARNA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP WARNA DASAR PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS III SDLB DI SLB N 1 YOGYAKARTA

Budi Astuti, Erlina (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA BOLA WARNA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP WARNA DASAR PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS III SDLB DI SLB N 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103241014_ERLINA BUDI ASTUTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan media bola warna terhadap kemampuan memahami konsep warna dasar pada anak tunagrahita kelas III SDLB di SLB N 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini ialah A-B-A. Subjek penelitian yaitu seorang siswa tunagrahita kategori sedang kelas III SDLB. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis data dalam kondisi pada penelitian ini menunjukkan kecenderungan arah yang meningkat pada fase intervensi dan Baseline II. Perubahan level pada analisis dalam kondisi juga menunjukkan perubahan yang membaik pada fase intervensi (+50%) dan perubahan yang stabil pada fase Baseline II (=0%), selain itu analisis antar kondisi juga menunjukkan perubahan yang membaik pada fase intervensi dan fase Baseline II dibandingkan pada fase Baseline I. Perubahan level fase baseline I dibandingkan fase intervensi sebesar (=0%), pada fase intervensi dibandingkan fase baseline II sebesar (=0%), sedangkan pada fase baseline I dibanding baseline II sebesar (+50%). Data yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media bola warna efektif dalam meningkatkan kemampuan memahami konsep warna dasar anak tunagrahita kategori sedang kelas III SDLB di SLB N I Yogyakarta. Keefektifan pembelajaran dengan media bola warna ditandai dengan adanya peningkatan persentase keberhasilan subjek dalam melakukan tes kemampuan memahami konsep warna dasar pada fase intervensi dan Baseline II (A’).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22155

Actions (login required)

View Item View Item