PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA ANAK TUNARUNGU KELAS VII DI SEKOLAH LUAR BIASA MARSUDI PUTRA I

Puspita Sari, Rina (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA ANAK TUNARUNGU KELAS VII DI SEKOLAH LUAR BIASA MARSUDI PUTRA I. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
11103241005_RINA PUSPITA SARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui penggunaan teknik peta pikiran (mind mapping) pada anak tunarungu kelas VII di SLB Marsudi Putra I. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian yaitu dua anak tunarungu kelas VII di SLB Marsudi Putra I. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes kemampuan menulis karangan deskripsi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik peta pikiran (mind mapping) pada anak tunarungu kelas VII di SLB Marsudi Putra I. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan dalam hal proses pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan. Peningkatan dalam hal proses pembelajaran juga dapat dilihat dari hasil observasi terhadap aktivitas subyek yang lebih aktif dalam pembelajaran. Subyek sangat antusias dan semangat mengikuti pembelajaran menulis karangan deskripsi. Subyek mampu mengajukan dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Subyek mampu menulis karangan deskripsi dengan memperhatikan isi karangan, kalimat efektif, penggunaan huruf kapital, ejaan, tanda baca dan kerapian. Peningkatan hasil tes kemampuan menulis karangan deskripsi telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 65%. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase pencapaian yang diperoleh pada kemampuan awal, siklus I, dan siklus II. Subjek AF pada kemampuan awal persentase pencapaian 35%, meningkat menjadi 58% pada siklus I, meningkat lagi menjadi 82% pada siklus II. Subjek MF pada kemampuan awal persentase pencapaian 46%, meningkat menjadi 75% pada siklus I, meningkat lagi menjadi 91% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22152

Actions (login required)

View Item View Item